Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 13 November 2018

Uu Janji Sektor Pendidikan Jadi Prioritas Rindu

Wisnu Wage Rabu, 16/05/2018 16:15 WIB
Uu Janji Sektor Pendidikan Jadi Prioritas Rindu

Bisnis.com,BANDUNG--Calon wakil gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, mengatakan pendidikan merupakan modal penting untuk mensejahterakan masyarakat. Terlebih bagi Jawa Barat yang memiliki penduduk dengan jumlah yang banyak.

Dia menjelaskan, pemerintah harus memberi pendidikan yang baik ke masyarakat agar tercapainya kesejahteraan. Setiap pemerintahan, harus menjadikan pendidikan sebagai program pembangunan yang prioritas.

"Pendidikan skala prioritas kedua setelan peningkatan iman dan takwa," kata Uu saat menghadiri kelulusan SMK Bhakti Kencana, di Bandung, dalam rilis Rabu (16/5/2018).

Di hadapan ribuan lulusan, Uu menyebut dengan peningkatan kualitas pendidikan, berbagai aspek di masyarakat akan turut meningkat seperti perekonomian dan kesehatan.

"Hanya dengan pendidikan, ekonomi dan kesehatan akan berubah. Jadi pendidikan skala prioritas untuk mengubah kesejahteraan masyarakat," katanya.

Saat menjabat Bupati Tasikmalaya, Uu mengatakan telah berupaya meningkatkan kualitas pendidikan baik formal maupun nonformal. Untuk formal, dia memberi anggaran yang maksimal untuk pengembangan pendidikan mulai dari tingkat SD hingga SMA.

Selain itu, dia pun memberi perhatian lebih untuk pendidikan nonformal. Beberapa di antaranya dengan memberi pelatihan untuk nelayan dan petani.

Petani, menurut Uu jangan langsung diberi traktor ataupun benih. "Tapi bagaimana diberi pertanian yang baik, agrobisnis. Berpikir ekspor," katanya.

Untuk nelayan juga Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya sudah berbuat banyak. "Nelayan, jangan tiba-tiba dikasih perahu, jaring, freezer. Tapi harus diberikan ilmunya dulu, manajemen yang baik," katanya.

Untuk para siswa, menurut dia Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya yang dipimpinnya memberi pelatihan kewirausahaan. "Diberi pelatihan service HP, tambal ban. Anak-anak perempuannya diberi pelatihan tata boga, salon. Potong rambut, kecantikan," paparnya.

Meski hanya menjalani pelatihan 3 bulan, menurut dia upaya itu efektif sehingga mampu menekan angka pengangguran di wilayahnya. "Semua itu itu sudah lama saya lakukan. Pengangguran akan terserap dengan baik," katanya seraya menyebut dirinya akan melakukan hal ini ketika terpilih menjadi pemimpin Jawa Barat bersama Ridwan Kamil.

Uu menambahkan, dirinya mengucapkan terima kasih kepada lembaga pendidikan swasta karena sudah membantu pemerintah dalam mencerdaskan bangsa. "Luar biasa sekali jasanya. Apalagi SMK Bhakti Kencana ini ada di mana-mana, di seluruh daerah Jawa Barat," katanya.

Perwakilan Yayasan Adiguna Kencana, Abdul Latif, memuji komitmen Uu dalam meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat. Menurut dia, saat menjabat Bupati Tasikmalaya selama 2 periode, Uu memberi perhatian yang besar terutama dalam pengalokasian anggaran untuk pendidikan.

Oleh karena itu, pihaknya tidak ragu untuk mendukung Uu yang berpasangan dengan Ridwan Kamil pada Pemilu Gubernur Jawa Barat 2018 ini. "Saya tidak ragu untuk mengusung Kang Uu dan Kang Emil. Semoga mereka berdua terpilih," kata Latif yang juga mengaku sebagai ketua relawan dan simpatisan Uu Ruzhanul Ulum.