Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 22 Oktober 2018

Insiden Di Debat Pilgub, Bawaslu: KPU Harusnya Langsung Ambil Tindakan

Wisnu Wage Rabu, 16/05/2018 10:23 WIB
Insiden di Debat Pilgub, Bawaslu: KPU Harusnya Langsung Ambil Tindakan

Bisnis.com,BANDUNG—Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat akan memeriksa dugaan pelanggaran pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu terkait insiden kaos bertuliskan “2018 Asyik Menang” “2019GantiPresiden” di panggung Debat Pilgub Jabar di Kampus UI, Depok, Senin (16/5) malam.

Ketua Bawaslu Jabar Herminus Koto mengatakan insiden di UI tersebut membuat jalannya debat berakhir dengan kericuhan dan reaksi dari pasangan calon lain.

“Bawaslu akan memanggil KPU terkait penyelanggaran debat itu, apakah prosedur dan tata cara yang dilakukan KPU sudah memenuhi,” katanya di Bandung, Selasa (15/5).

Menurutnya meski belum ada laporan, komisioner Bawaslu sudah memastikan akan memangil terlebih dahulu KPU untuk mengklarifikasi jalannya debat kedua Pilgub Jabar tersebut.

“Baru setelah KPU, kami akan melakukan klarifikasi pada pihak-pihak lainnya,” ujarnya.

Dia menilai, aksi tersebut tidak tepat karena pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jabar belum masuk ke ranah pemilihan presiden. Namun persoalan ini pun masih kabur mengingat pihaknya perlu meminta informasi dari KPU apakah materi Pilpres boleh masuk dalam arena Pilgub.

“Kalau pemilihan legislatif kan sudah diatur. Pilpres belum diatur karena pemilihannya baru 2019 nanti,” tuturnya.

Karena itu Herminus memastikan akan mengkaji terlebih dahulu seluruh aspek sebelum memberikan rekomendasi ke KPU. Namun menurutnya KPU sebenarnya bisa langsung membuat keputusan ketika terjadi pelanggaran administrasi. “Apalagi kejadian ini di acara KPU, sebetulnya KPU sudah bisa ambil tindakan,” katanya.