Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 23 September 2018

Aher Anggap Kenaikan Harga Bahan Pokok Di Jabar Masih Wajar

Wisnu Wage Rabu, 16/05/2018 15:05 WIB
Aher Anggap Kenaikan Harga Bahan Pokok di Jabar Masih Wajar
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com,BANDUNG--Kenaikan harga sejumlah bahan pokok menjelang ramadan ini dinilai Gubernur Jabar Ahmad Heryawan masih dalam proporsi yang wajar.

Heryawan mengatakan sejauh ini persoalan pangan di pasar masih terbilang lancar. Menurutnya kenaikan harga sejumlah bahan pokok hanya isu yang berkembang saja. "Tidak ada kenaikan, kalau ada itu kecil banget," katanya di Gedung Sate, Bandung, Rabu (16/5/2018).

Pihaknya memastikan persediaan bahan pokok di Jabar menghadapi ramadan sudah aman dan cukup. Tinggal masyarakat menutnya perlu melakukan pengendalian konsumsi saja. "Saya ingin masyarakat pengeluarannya diarahkan lebih ke sedekah, kalau konsumsi biasa-biasa saja," tuturnya.

Menurutnya selama ramadan masyarakat harus membiasakan mengkonsumsi makanan tidak berlebihan dan memaksakan untuk membeli. "Saya saja biasa-biasa saja, apa adanya ya saya makan. Itu harus dicontoh, urusan makan saya nggak pernah pusing," ujarnya.

Dia menilai secara matematis harusnya biaya konsumsi selama ramadan harus lebih kecil mengingat ada perubahan jumlah waktu makan, dimana tidak ada makan siang. "Makan jadi dua kali dari tiga kali. Saya kira masyarakat bisa melakukan pengendalian konsumsi harga-harga tidak akan naik," tuturnya.