Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 19 Agustus 2018

Incar Pasar Ekspatriat Dan Pelancong Wisata Religi, Bank Bjb Gandeng Al Rajhi Bank

Kahfi Rabu, 16/05/2018 14:39 WIB
Incar Pasar Ekspatriat dan Pelancong Wisata Religi, bank bjb Gandeng Al Rajhi Bank

 

 

Bisnis.com, BANDUNG- Seiring dengan semakin tumbuh dan berkembangnya bisnis perusahaan, bank bjb gencar melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. Kali ini, bank bjb menggandeng Al Rajhi Banking & Investment Corporation (Malaysia) guna menyasar pasar jasa pengiriman uang dari para ekspatriat dan para pelancong wisata religi atau komunitas Pilgrim.

Pada Rabu (16/5/2018), berlokasi di Jakarta, bank bjb meneken Nota Kesepahaman (MoU) dengan Berhad yang ditandatangani oleh Direktur Operasional bank bjb Fermiyanti dan Chief Operating Officer (COO) Al Rajhi Bank Zarir Bin Mohd Rawi. Ruang lingkup kerjasama mencakup General Banking Services’s Project.

Melalui kerjasama ini bank bjb berharap dapat memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah, khususnya bagi Para Pelancong Spiritual/Religious Tourism (Pilgrim) dan para pahlawan devisa (Expatriat) dengan memberikan solusi direct payment ke Kingdom of Saudi Arabia (KSA). Selama ini, transaksi tersebut masih cukup berbelit, sehingga menyulitkan para ekspatriat ataupun para pilgrim.

Bank berkode saham BJBR itu, sebagaimana diutarakan Fermiyanti, mengharapkan lewat kerjasama tersebut dapat mempermudah transaksi jasa bagi masyarakat. Apalagi, katanya, Indonesia yang memiliki popupasi penduduk terbesar ke-4 di dunia, sebesar 85% penduduknya beragama Islam.

“Masyarakat yang melaksanakan Haji dan Umroh sebagai perjalanan spiritual dengan kuota Haji dan Umroh terus meningkat setiap tahunnya,” ujar Fermiyanti.

Di sisi lain, berdasarkan data dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia  (BNP2TKI), Indonesia merupakan negara yang terbanyak dalam menempatkan tenaga kerjanya di luar negeri, khususnya di wilayah Timur Tengah setelah Asia Tenggara. “Dari model bisnis ini diharapkan dapat  meningkatkan fee based income bagi bank bjb, memperluas segmen pasar sesuai captive market bank bjb,” tutup Fermiyanti.

Saat ini, BJBR merupakan bank yang masuk dalam peringkat 12 besar dari 115 bank di Tanah Air. Pelayanan bank bjb ditopang keberadaan 2.397 jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia mulai dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, hingga Sulawesi.

Sebaliknya, Al Rajhi Bank adalah salah satu bank Islam terbesar di dunia dengan total aset mencapai SAR 184 Miliar (Real Saudi Arabia) atau setara dengan USD $90 Miliar. Al Rajhi Bank juga merupakan salah satu perusahaan publik dengan saham gabungan terbesar di Arab Saudi yang menawarkan berbagai layanan perbankan dan investasi dalam prinsip-prinsip Islam.