Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 25 Mei 2018

Jelang Debat Kedua, Dedi Mulyadi Pilih Lari Pagi Dulu

Wisnu Wage Senin, 14/05/2018 13:25 WIB
Jelang Debat Kedua, Dedi Mulyadi Pilih Lari Pagi Dulu
Dedi Mulyadi

Bisnis.com,PURWAKARTA--Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Milyadi mengaku tidak memiliki persiapan khusus untuk menghadapi debat kedua Pilgub Jawa Barat.

Berdasarkan jadwal dari KPU Jawa Barat, acara adu visi dan misi tersebut akan digelar Senin (14/5/2018). Tepatnya, di Balairung Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

Menurut Dedi, persiapan yang dia lakukan hanya lari pagi agar tampil segar di arena debat malam ini.

Kader Nahdlatul Ulama tersebut sudah terbiasa beradu gagasan, visi dan misi sejak aktif sebagai aktivis HMI Tahun 1990. Lahirnya pergulatan ide, menurut dia merupakan dinamika yang biasa.

“Gini aja biasa, lari pagi. Tidak ada persiapan khusus. Itu (debat) dinamika biasa, jadi menghadapinya sudah biasa juga,” kata Dedi, Senin (14/5/2018) pagi, di Purwakarta.

Dalam keterangan resminya, KPU Jawa Barat telah menetapkan tema debat kedua Pilgub Jawa Barat. Lingkungan hidup, sumber daya alam, energi, pangan, kelautan, kehutanan dan pertambangan menjadi tema yang akan digali dari pasangan calon.

Terkait tema tersebut, Koordinator Presidium KAHMI Jawa Barat itu berkomentar. Menurut dia, solusi atas masalah yang muncul dalam tema tersebut tidak bisa ditemukan hanya dalam buku akademik.

Fakta empirik di lapangan menurutnya menjadi referensi sesungguhnya dalam rangka menggali solusi berupa program.

“Solusi itu hanya bisa ditemukan oleh orang yang sudah berkunjung ke tempat dimana masalah itu terjadi. Kalau hanya mengandalkan buku sebagai referensi, gak akan ketemu akar masalah dan solusinya,” ungkapnya.

Setiap daerah di Jawa Barat, menurut mantan Bupati Purwakarta dua periode tersebut memiliki kompleksitas masalah yang berbeda. Karena itu, dibutuhkan sosok pemimpin energik dan solutif demi penyelesaian masalah.

“Curahan hati masyarakat harus didengarkan dengan hati pula. Itu akan menelusup dan melahirkan energi untuk menyelesaikan masalah mereka. Kalau ditanya kiat, itulah kiat saya selama ini. Intinya mah santai wae,” pungkasnya.

Apps Bisnis.com available on: