Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 25 Juni 2018

Tips Mempersiapkan Smartphone Untuk Liburan

Ajijah Senin, 14/05/2018 11:07 WIB
Tips Mempersiapkan Smartphone untuk Liburan

Banyak pelancong yang familier dengan skenario ini: Anda akhirnya tiba di tempat liburan idaman. Tentu saja smartphone tidak boleh ketinggalan. Tapi sesampainya di tujuan, ada saja hambatan teknologi yang mengganggu liburan Anda.

Mungkin kuota Internet tiba-tiba habis, atau tidak bisa membuka peta atau baterai nyaris habis ketika Anda sedang mencari jalan pulang ke penginapan.

Masalah-masalah ini bisa membuat kepala pusing, padahal harusnya Anda sedang bersantai. Rasanya ingin meninggalkan smartphone di rumah, tapi benda kecil itu kini jadi barang penting saat melancong: Anda mengandalkannya untuk menelusuri tempat asing, mencari tempat makan sampai jadi kamera.

Jangan khawatir, ada kiat-kiat mempersiapkan segala sesuatu terkait handphone agar liburan Anda menyenangkan, seperti dikutip dari Michael Zhao, editor Wirecutter, dari New York Times.

1. Power bank
Saat melancong, Anda akan memakai smartphone untuk berbagai kebutuhan, jadi ada kemungkinan baterai cepat habis. Power bank bisa jadi penyelamat dalam kasus ini.

2. Bawa minimal tiga kabel charger
Bawa dua kabel charger untuk handphone, satu ditinggal di kamar hotel, satu lagi dibawa untuk menyambungkannya dengan power bank. Kabel ketika dipakai untuk mengisi daya power bank.


3. Adaptor
Bawa adaptor steker jika pergi ke negara yang jenis stekernya berbeda dengan Indonesia.

4. Sim Card Ejector
Jika membeli simcard di luar negeri, Anda butuh sim card ejector, yang bentuknya seperti batang logam kecil. Biasanya sim card ejector ada di setiap kotak handphone. Jika hilang, pakai saja peniti untuk mengeluarkan sim card.

5. Paket roaming
Memilih paket roaming dari kartu seluler Anda bisa dilakukan jika ingin bebas memakai handphone di luar negeri. Anda tak perlu gonta-ganti simcard karena nomor Anda bisa langsung dipakai. Masalahnya, pilihan ini mungkin menguras dompet. Membeli simcard di negara tujuan adalah alternatif lebih murah, dan mudah dilakukan bila handphone Anda sudah diatur unlock sehingga bisa memakai simcard dari negara lain. 

6. Pesan simcard luar negeri
Biasanya simcard bisa dibeli di bandara atau toko handphone setempat. Agar lebih praktis, Anda bisa memesan secara online agar dikirim ke rumah sebelum berangkat melancong. 

7. Unduh aplikasi penting dan peta
Daripada marah-marah karena internet di tempat liburan ternyata lambat, lebih baik pakai wi-fi rumah untuk mengunduh aplikasi yang akan membantu liburan. Pakai Google Map untuk mengunduh map online kota-kota tujuan Anda. 

Jangan lupa unduh Google Translate agar bisacas cis cus di tempat tujuan.