Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 23 Juli 2018

INVESTASI ILEGAL: Cirebon Dapat Perhatian Khusus Satgas Waspada Investasi

Maman Abdurahman Selasa, 17/04/2018 18:30 WIB
INVESTASI ILEGAL: Cirebon Dapat Perhatian Khusus Satgas Waspada Investasi
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, CIREBON—Satgas Waspada Inestasi (SWI) memberikan perhatian khusus ke wilayah Cirebon karena maraknya perusahaan yang menawarkan produk investasi ilegal bahkan beberapa kasus diantaranya telah masuk proses hukum.

Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L. Tobing mengatakan beberapa kasus investasi ilegal di Cirebon memunculkan sebuah kesimpulan bahwa ada banyak orang “kreatif” di Cirebon yang bisa membangun sebuah badan usaha yang bergerak di bidang investasi.

“Ironisnya meski telah beberapa kali mencuat kasus investasi ilegal, masih banyak masyarakat yang tergiur,” katanya saat menghadiri rapat koordinasi SWI Cirebon, Selasa (17/04/2018).

Tongam mendorong tiap daerah di Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) agar membentuk Satgas Waspada Investasi (SWI) untuk mencegah praktek penawaran investasi ilegal dan melindungi masyarakat.

“Soal investasi ilegal bukan hanya tugas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) karena kebanyakan badan usahanya berbentuk koperasi,” ujarnya.

Tongam menambahkan OJK hanya mengawasi perusahaan jasa keuangan, perbankan dan investasi seperti bank, sekuritas, dan asuransi sementara koperasi perizinan dan pengawasannya di tangan pemerintah.

“Maka SWI kami nilai lebih bisa menjangkau badan usaha yang menghimpun dana masyarakat tapi berbentuk koperasi,” tambahnya. (k3)