Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 23 Juli 2018

Adira Finance Implementasikan Program Peningkatan Kompetensi Bagi Siswa SMK

Ilham Budhiman Selasa, 17/04/2018 17:05 WIB
Adira Finance Implementasikan Program Peningkatan Kompetensi bagi Siswa SMK
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Adira Finance bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai mengimplementasikan program peningkatan kompetensi bidang keahlian bisnis dan manajemen untuk siswa/siswi SMK di SMK 3 Bandung, Selasa (17/4).

Program kerja sama yang akan berlangsung selama 3 tahun ke depan ini, berfokus untuk meningkatkan kompetensi siswa/siswi SMK jurusan Bisnis dan Manajemen di bidang industri pembiayaan, termasuk juga pembekalan untuk memasuki dunia kerja profesional.

Di Bandung sendiri terdapat 2 SMK terpilih yang akan melaksanakan program ini yaitu SMK 3 dan 1. Para siswa/siswi akan mendapatkan pembekalan materi yang kurikulumnya lebih terintegrasi dengan 16 modul kompetensi yang harus dicapai dalam 36 jam dan akan di mulai sejak tingkat XI.

Head of Regional Collection Area Jabar Djoko Witono mengatakan, program CSR pendidikan ini dinilai penting guna penyerapan tenaga kerja khususnya di industri pembiayaan sehingga siswa/siswi SMK tersebut nantinya akan siap ketika memasuki dunia kerja.

"Sehingga dengan adanya kegiatan semacam ini, mereka akan berkompetensi untuk bisa masuk ke dalam industri pembiayaan," kata Djoko Witono.

Dia mengatakan, sejauh ini penyerapan tenaga kerja di industri pembiayaan secara nasional maupun skala provinsi termasuk Jabar terbilang cukup besar. Dengan demikian, pihaknya berharap program peningkatan kompetensi ini akan berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja di industri tersebut.

"Makanya, dalam hal ini kita benar-benar melakukan program ini agar penyerapannya bisa secara kontinu dan akan tertampung," ucapnya.

Selain itu, kata dia, dengan program ini diharapkan dapat memberikan berbagai manfaat bagi para siswa/siswi SMK tersebut di antaranya mendapatkan kesempatan magang oleh Adira Finance dan memperoleh pembekalan pengetahuan dan soft skill yang dibutuhkan saat bekerja.

"Serta berkesempatan untuk mendapatkan dana bantuan pendidikan bagi 3 siswa berprestasi dari setiap perwakilan SMK."