Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 20 Juli 2018

Bandara Kertajati Siapkan 5 Rute Penerbangan Mudik

Wisnu Wage Selasa, 17/04/2018 09:50 WIB
Bandara Kertajati Siapkan 5 Rute Penerbangan Mudik
Bandara Kertajati

Bisnis.com,BANDUNG—Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka dipersiapkan untuk bisa melayani penerbangan mudik lebaran mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan Jabar Dedi Taufik mengatakan kesiapan BIJB Kertajati guna melayani mudik merupakan permintaan dari Menteri Perhubungan Budi Karya beberapa waktu lalu saat meninjau bandarudara tersebut.

“Kami akan siapkan Kertajati untuk mudik, karena sudah bisa,” katanya di Bandung, Senin (16/4).

Menurutnya persiapan kini sudah dilakukan pihaknya terutama mempersiapkan paling sedikit 5 rute penerbangan mudik. Dedi mencatat penerbangan yang akan dilayani Kertajati datang dari Medan, Makasar, Denpasar, Balipapan dan Surabaya.

“Itu semuanya menuju Kertajati. Maskapai yang disiapkan sudah banyak,” tuturnya.

Namun maskapai yang memungkinkan melayani penerbangan tersebut menurutnya adalah Sriwijaya Air. Kesiapan BIJB Kertajati sendiri tetap melihat keberminatan calon penumpang dan kesiapan maskapai.

“Kalau sudah ada, tinggal nunggu perintah Pak Menteri Perhubungan. Karena dari kalibrasi kemarin sudah sukses,” ujarnya.

Demi memastikan kesiapan bandara tersebut melayani penerbangan, pihaknya bersama PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) mengejar target penuntasan fasilitas penunjang dan akses non tol menuju bandara.

“Mei nanti semua sudah siap, selain penerbangan haji, penerbangan komersil pun sudah bisa,” katanya.