Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 19 Desember 2018

Ini Cara Mengalahkan Deddy-Dedi Di Pilgub Jabar

Wisnu Wage Senin, 16/04/2018 17:02 WIB
Ini Cara Mengalahkan Deddy-Dedi di Pilgub Jabar
Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi
Antara

Bisnis.com,BANDUNG--Citra Komunikasi Lingkaran Survei Indonesia menilai pasangan Deddy-Dedi masih berpeluang dikalahkan oleh 3 pasangan lain di Pilgub Jabar 2018.

Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Toto Izul Fatah melihat rentang waktu kampanye yang tersisa hanya money politic atau tsunami politik yang bisa mengalahkan pasangan DM4Jabar. Dalam surveinya, sebanyak 61,1% pemilih Rindu akan beralih ke pasangan DM4Jabar jika terjadi tsunami politik.

Begitupun, sebanyak 46,7% pemilih pasangan DM4Jabar akan beralih ke pasangan Rindu jika terjadi hal yang sama.

“Pertarungannya hanya tinggal di dua pasangan ini karena terjadi persaingan yang merata. Semua segmen demografis seperti gender, suku, Agama, pendidikan, tingkat penghasilan, zona wilayah itu sudah terpolarisasi. Pasangan Rindu dan DM4Jabar saling mengungguli dan saling mengalahkan,” katanya, Senin (16/4/2018).

Publik Jawa Barat dalam temuan survei tersebut dikatakan sangat permisif terhadap money politic. Sebanyak 5,3% menyatakan sangat setuju, cukup setuju sebanyak 38,2% dan sebanyak 43,4% menyatakan setuju terhadap cara haram tersebut.

Sebelumnya dalam survei LSI pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi meraih elektabilitas tertinggi dengan nilai 43,2%. Kombinasi wakil gubernur incumbent dan mantan bupati ini menamakan diri sebagai pasangan DM4Jabar.

Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum atau Rindu menyusul di belakang pasangan DM4Jabar dengan raihan elektabilitas sebesar 39,3%. Kemudian, Sudrajat-Ahmad Syaikhu atau pasangan Asyik memiliki angka elektabilitas sebesar 8,2%. Terakhir, TB Hasanudin-Anton Charliyan atau pasangan Hasanah berada di posisi paling buncit di angka 4,1%.