Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 21 April 2018

Demiz Janji Sejahterakan Nelayan, Ini Caranya

Wisnu Wage Senin, 16/04/2018 09:45 WIB
Demiz Janji Sejahterakan Nelayan, Ini Caranya
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com,KARAWANG--Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 4 Deddy Mizwar berencana mengimplementasikan perda kesejahteraan nelayan bila terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat pada Pilgub Jabar 2018.
 
Deddy mengatakan implementasi ini merupakan programnya dalam mensejahterakan para nelayan yang ada di wilayah Jawa Barat.
 
"Mendorong kesejahteraan para nelayan sangat penting, pemprov jabar juga punya Perda bagaimana mensejahterakan nelayan, ini perlu dijabarkan melalui pergub pergub. Setiap perda harus diimplementasikan, kalau belum, apa kendalanya, atau mungkin pergubnya belum siap, kita lihat perda tadi bisa di aplikasikan ke masyarakat," jelas Deddy Mizwar saat bertemu dengan para nelayan di Tempat Pelelangan Ikan Ciparagejaya Karawang, Minggu (15/4/2018) dalam rilis resmi.
 
Deddy memastikan kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu program prioritasnya. Tidak terkecuali bagi para nelayan yang ada di Jawa Barat dimana berdasarkan pantauanya, saat ini kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan belum memadai dan merata. 
 
Bahkan dirinya pun banyak mendapatkan masukan dan aspirasi dari para nelayan terkait berbagai hal. Diantaranya masalah pengembangan usaha neayan, pengembangan kapal dan lainnya. Seperti halnya yang diaspirasikan nelayan di Ciparagejaya Kerawang. 
 
"Saya kira perlu diatur secara menyeluruh, tadi ada usulan masalah pendangkalan muara, supaya kapal besar sulit merapat. Begitu juga dengan masalaah sarana prasarana tempat pelelangan tidak semua berjalan dengan baik. Termasuk masalah modalnya, " katanya. 
 
Untuk masalah permodalan, lanjutnya, para nelayan bisa saja mengakses kredit cinta rakyat (KCR) di Bank bjb, dimana KCR memberikan bunga yang jauh lebih murah dibandingkan bunga perbankan lainnya. 
 
"Itu bisa murah karena ada dana pemprov disana dan digulirkan untuk masyarakat. Termasuk juga para nelayan," katanya. 
 
Begitu juga dengan BumDes, lanjutnya. Menurutnya Bumdes memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan akses permodalan KCR. 
 
"Seperti Bumdes di Ciparage Jaya yang butuh pabrik es untuk para nelayan dan masyarakat, itu bisa saja mengajukan pinjaman KCR ke Bank bjb," katanya. 
 
Tidak hanya itu saja, lanjutnya, para nelayan pun perlu mengakses asuransi. Sehingga bisa terlindungi asuransi bila terjadi hal hal yang tidak diinginkan. 
 
"Masalah asuransi juga, itu penting untuk mengcover kalau terjadi apa apa. Kita tidak tahu cuaca dilaut seperti apa, jadi kalau ada apa apa dilaut nelayan bisa terlindungi oleh asuransi," katanya. 
 
 

Apps Bisnis.com available on: