Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 23 September 2018

PILGUB JABAR 2018: Ridwan Kamil Janji Beri Akses Permodalan Petani Ikan

Ilham Budhiman Minggu, 15/04/2018 20:20 WIB
PILGUB JABAR 2018: Ridwan Kamil Janji Beri Akses Permodalan Petani Ikan
Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum
Istimewa

Bisnis.com, BOGOR - Cagub Jabar Ridwan Kamil berkomitmen membantu akses permodalan para petani ikan saat mengunjungi petani ikan yang tergabung dalam Paguyuban Petani Jaya di Desa Kemang, Bogor, Minggu (15/4).

Para petani ikan itu mengeluhkan modal usaha guna mengembangkan usaha ternak ikannya. Untuk itu, Ridwan Kamil berjanji akan memfasilitasinya melalui bank milik pemerintah apabila terpilih menjadi gubernur Jabar.

"Provinsi memiliki bank bjb. Harusnya dengan mudah kita atur, skema permodalan supaya bisa bikin kolam-kolam ikan pembibitan," kata Wali Kota Bandung nonaktif ini, dalam keterangan resminya, Minggu (15/4).

Pria yang kerap disapa Emil mengatakan, untuk fasilitas modal itu pihaknya bisa membuat skema bantuan modal melalui Bank bjb dengan persyaratan yang tidak memberatkan petani ikan.

"Jika terpilih menjadi Gubernur, saya kan membuat skema bantuan permodalan melalui Bank bjb untuk para petani ikan di Bogor," kata dia.

Setelah melihat langsung potensi Ikan di Bogor, Emil juga mengusulkan bahwa perikanan di sana dapat dibawa dan diperkenalkan ke dunia internasional. Untuk itu, dia mengusulkan agar ke depan, diadakan festival dan karnaval ikan sedunia di Bogor.

"Kita usulkan supaya dibikin pariwisata perikanan. Bentuknya, seperti edukasi, bikin karnaval ikan. Saya akan bantu fasilitasi untuk menaikan citra Bogor identik dengan perikanan," ujarnya.