Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 23 September 2018

Transportasi Umum Menuju Bandara Kertajati Masih Terbatas

Newswire Selasa, 10/04/2018 11:10 WIB
Transportasi Umum Menuju Bandara Kertajati Masih Terbatas
Pembangunan BIJB Kertajati

Bisnis.com, BANDUNG - Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat menyebutkan jumlah transportasi umum dari beberapa daerah terutama Bandung Raya menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kabupaten Majalengka masih sangat terbatas.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik di Bandung, Senin, mengatakan baru ada satu rute angkutan kota dalam provinsi (AKDP) dari Bandung ke Kertajati, atau sebaliknya yakni melalui AKDP dengan rute Bandung-Sumedang-Kadipaten-Kertajati-Indramayu.

"Jadi untuk menambah fasilitas angkutan ke Kertajati dari Bandung, kami akan menambah rute Antar Jemput Dalam Provinsi (AJDP). Rutenya sementara ini bisa memakai Tol Purbaleunyi dan Tol Cipali," kata dia, dikutip Antara, Selasa (10/4/2018).

Dia mengatakan selain mengadakan AJDP, katanya, rute eksisting AKDP akan ditambah armadanya sehingga memudahkan masyarakat Bandung Raya mencapai Kertajati menggunakan kendaraan umum.

Apabila Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) rampung pada 2019, kata Dedi, rute Bandung-Sumedang-Kertajati bisa melewati Jalan Tol Cipali.

Menurut dia armada dalam rute angkutan umum dari arah Bekasi dan Cirebon Raya dan dari Priangan Timur, menuju Kertajati akan diperbanyak serta keberadaan bandara berkode KJT ini pun dapat menjadi pembuka usaha baru di bidang transportasi untuk pihak swasta.