Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 12 Desember 2018

Sekda Jabar Yakin PNS Tak Lagi Stres Jika Uang Pensiunan Naik

Wisnu Wage Rabu, 14/03/2018 15:25 WIB
Sekda Jabar Yakin PNS Tak Lagi Stres Jika Uang Pensiunan Naik
Sekda Jabar Iwa Karniwa

Bisnis.com,BANDUNG--Pemprov Jabar juga mengapresiasi rencana pemerintah menaikkan pensiunan bagi PNS. 

Sekda Jabar Iwa Karniwa menilai kebijakan baru ini bisa menjawab kekhawatiran PNS yang setelah pensiun penghasilannya turun drastis. “Penghasilan biasa 100% ini jadi 10 bahkan 5%, sementara begitu pensiun kebutuhan lebih besar,” tuturnya, Rabu (14/3/2018).

Menurutnya kebijakan ini merupakan apresiasi pusat dan keberpihakan pada PNS karena dengan perubahan tersebut selain membantu naiknya angka pensiun, kondisi APBN pun tidak akan terlalu berat.

“Ini juga harus menjadi perhatian bagi PNS agar merencanakan pensiun sejak jauh-jauh hari agar kaget, pendapatan berapapun seperlima atau sepertiganya harus ditabung,” katanya.

Pemprov Jabar sendiri setiap tahunnya mencatat rata-rata 300 sampai 500 orang PNS pensiun. Angka ini dinilai Iwa sudah tepat mengingat beban belanja pegawai Pemprov bisa berkurang. 

“Sejak saya di Asda IV itu, targetnya menurunkan belanja pegawai dari 30% menjadi 7%, sekarang sudah tercapai belanja pegawai hanya 7-8%. Artinya belanja public lebih besar,” paparnya.

Kini jumlah PNS Pemprov Jabar tercatat hanya sekitar 12.300 menurun signifikan dari sekitar 16.000 orang. Di sisi lain pertambahan jumlah PNS dipastikan lebih sedikit dibanding yang pensiun.

“Kebijakan ini sesuatu yang baik, karena banyak kasus, PNS begitu pensiun banyak yang stres dan sakit,” ungkapnya.