Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 21 Juni 2018

Daerah Diminta Tak Gantung IMB Rumah Untuk MBR

Wisnu Wage Rabu, 14/03/2018 10:55 WIB
Daerah Diminta Tak Gantung IMB Rumah Untuk MBR
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com,BANDUNG--Dibayangi angka backlog yang tinggi, Pemerintah Provinsi Jabar meminta kabupaten/kota memberikan kemudahan pada pembangunan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
 
Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan pihaknya terus mendorong agar pencapaian program sejuta rumah yang ditargetkan Pusat bisa diakselerasi daerah lewat pembangunan rumah bersubsidi. 
 
“Persoalannya pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) itu belum maksimal oleh daerah ke teman-teman pengembang, ini perlu diselesaikan,” katanya di Bandung, Rabu (14/3/2018).
 
Iwa juga menilai banyak daerah yang berlindung terkait lamanya IMB ini di balik persoalan belum selesainya persoalan tata ruang. Menurutnya ada sejumlah daerah yang masih lambat mengajukan rincian detail tata ruang (RDTR) ke provinsi. “Kalau RDTR sudah jadi, penempatan untuk perumahan itu tercantum, harusnya IMB itu tidak perlu lama. Ini akan kita sinkronkan,” ujarnya.
 
Pihaknya mencatat capaian program satu juta rumah di Provinsi Jawa Barat sendiri baru mencapai 186.822 unit dengan skema pembiayaan terdiri dari Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sebanyak 3.381 unit, Subsidi Selisih Bunga (SSB) sebanyak 59.628 unit dan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) 50804 unit.
 
“Selebihnya dipenuhi melalui pembangunan rumah non-subsidi oleh pengembang,” tuturnya.