Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 26 September 2018

Pemkot Bandung Petakan Sebaran Industri Kreatif

Ilham Budhiman Rabu, 14/03/2018 17:17 WIB
Pemkot Bandung Petakan Sebaran Industri Kreatif
Pameran Industri Kreatif
Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung tengah memetakan sebaran industri kreatif di Kota Bandung.

"Kita sedang melakukan pemetaan sebarannya di Kota Bandung. Kita ingin tahu, dimana saja sebarannya. Lebih ke updating," kata Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Tris Avianti kepada Bisnis, beberapa waktu lalu.

Tris mengatakan, pemetaan industri kreatif di Kota Bandung dinilai sangat penting mengingat sektor ini terus bergerak secara cepat dan terus menggeliat di Kota Bandung. "Data awal sudah ada 12 klaster industri kreatif," kata Tris.

Beberapa pemetaan sudah didapat seperti halnya sektor kuliner yang sudah berkembang di kawasan Progo, sektor batik sudah ada di kawasan Cigadung, dan potensi sektor film yang ada di Cisaranten.

"Setelah selesai dipetakan, nanti nyambungnya ke pariwisata. Pemerintah membuat destinasi pariwisata berbasiskan industri kreatif," kata Tris.

Tris berharap, pemetaan sektor industri kreatif ini dapat menambah simpul kreatif baru di Kota Bandung menyusul kawasan Linggaswatu sebagai kampung kreatif, Cigondewah yang terkenal dengan industri kain serta Cijawura yang dikenal dengan para pelaku seni rupa dan seni budaya Sunda.

"Nah, next yang kampung film di Cisaranten itu. Bila dilihat, dari masyarakatnya sudah siap. Bisa kita jadikan simpul kreatif film," ucapnya.