Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 26 September 2018

Industri Kreatif Diharapkan Jadi Tulang Punggung Kota Bandung

Ilham Budhiman Rabu, 14/03/2018 16:55 WIB
Industri Kreatif Diharapkan Jadi Tulang Punggung Kota Bandung
Ilustrasi Industri Animasi
Reuters

Bisnis.com, BANDUNG - Kepala Bidang Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Tris Avianti berharap industri kreatif menjadi tulang punggung Kota Bandung.

Tris mengungkapkan, sektor industri kreatif di Bandung bisa menjadi tulang punggung lantaran Kota Bandung tidak memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah.

"Potensinya sangat besar sekali, Ini diharapkan bisa menjadi tulang punggung mengingat Kota Bandung tidak punya sumber daya alam yang melimpah," kata Tris kepada Bisnis, beberapa waktu lalu.

Menurut Tris, industri kreatif dan ekonomi kreatif di Bandung memang terhitung sangat besar dan terus menggeliat. Dengan demikian, Bandung harus terus berinovasi mengingat adanya kendala dari keterbatasan SDA tersebut.

"Maka semua bisa ditunjang oleh sektor ekraf dan industri kreatif," ucapnya.

Tris berujar, saat ini pihaknya tengah memetakan perkembangan industri kreatif di Kota Bandung. Pihaknya ingin melihat dimana saja sebaran industri kreatif terutama para pelakunya yang ada di Kota Bandung.

Namun demikian, Tris masih belum memastikan berapa jumlah kontribusi industri kreatif terhadap sumbangan pendapatan Kota Bandung. "Angka fix baru akan dihitung," ujarnya.

Disamping itu, kata Tris, Kota Bandung juga tengah berupaya memperluas dan mengembangkan sektor pariwisata berbasis kebudayaan lokal dan destinasi buatan. Hal ini berkaitan dengan Kota Bandung sebagai tempat tujuan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.