Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 22 Oktober 2018

10 Cara Untuk Meningkatkan Memori Otak Anda

Ilham Budhiman Selasa, 13/03/2018 08:37 WIB
10 Cara untuk Meningkatkan Memori Otak Anda

Bisnis.com, BANDUNG -  Ada banyak cara untuk meningkatkan memori otak Anda agar tidak mudah lupa dalam sesuatu hal, terutama untuk para siswa sekolah. Otak harus sering diasah agar kemampuan daya ingatnya tidak menurun.

Menjaga kulaitas tidur atau mengonsumsi makanan tertentu dapat meningkatkan kerja memori otak Ada. Di sisi lain, ternyata memakan permen karet juga bisa membantu.

Berikut 10 cara untuk meningkatkan memori Anda seperti dilansir dari Boldsky, Selasa (13/3).

 1. Menjaga kualitas tidur

Menjaga kualitas tidur penting. Saat Anda sedang tidur, otak menyimpan kenangan baru. Tidur berkualitas dapat membantu memperkuat ingatan dan lebih cepat menangkap informasi baru. Jika Anda kurang tidur, otak Anda tidak bisa menyimpan atau mengingat informasi dengan baik.

 2. Mengurangi stres

Terlalu banyak stres harus dihindari, meskipun tak dipungkiri jika tekanan pada umumnya bisa membuat stres. Tekanan stres dapat mengecilkan otak yang dapat menyebababkan kerusakan pada sel otak.

 3. Bermain hame otak

Bermain game otak akan membantu mengaktifkan sinapsis di otak secara keseluruhan, termasuk memori. Selain itu, permainan otak dapat membantu Anda meningkatkan konsentrasi dan kemampuan mengingat. Anda bisa bermain teka-teki seperti teka-teki silang atau sudoku untuk memperbaiki ingatan Anda.

 4. Vitamin D

Sumber utama vitamin D adalah sinar matahari dan ini terkait erat dengan kesehatan dan ingatan otak Anda. Tingkat vitamin D yang tinggi dapat meningkatkan skor memori verbal dan dapat melindungi otak dari demensia serta meningkatkan fungsi otak yang lebih baik.

 5. Meditasi

Meditasi penting untuk mengasah kemampuan fokus Anda. Ini penting dalam membantu mempertahankan yang sifatnya mengganggu ingatan Anda. Dengan meditasi dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Caranya, Anda bisa melakukan meditasi 10 sampai 15 menit setiap hari.

 6. Mengonsumsi makanan pilihan

Apapun yang Anda makan akan mempengaruhi kinerja otak Anda. Padahal makanan memberi bahan bakar ke otak agar berfungsi dengan baik. Dengan mengonsumsi makanan antiinflmasi yang tinggi protein dan asalm lemak omega 3 maka akan mempertajam otak dan ingatan Anda.

 7. Olahraga

Dengan olahraga akan memberikan suplai oksigen ke otak dengan lebih baik. Selain itu, olahraga juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan sel dibagian otak dengan baik dan bertanggung jawab atas ingatan. Anda melakukan olahraga ringan seperti joging dan lari-lari kecil.

 8. Menguyah permen karet

Cobalah mengunyah permen karet. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang lebih akan mengingat memori visual dan audio lebih mudah jika mereka mengunyah permen karet. Permen karet akan membuat Anda tetap fokus dan meningkatkan konsentrasi.

9. Mendengarkan musik yang menenangkan

Dengan mendengarkan musik yang tenang maka akan membantu Anda mengingat lebih baik dan ini berhasil bagi banyak orang.

Beberapa orang juga suka mendengar musik sambil belajar tapi, ini akan menyebabkan gangguan. Jadi, saat Anda beristirahat sejenak di antara studi Anda, dengarkanlah musik.

10. Tidur siang

Tidur siang ternyata dapat menyegarkan kembali pikiran Anda. Tidur siang selama 30 menit dapat menyegarkan kembali pikiran Anda.