Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 15 Agustus 2018

PILWALKOT BANDUNG 2018: Debat Kandidat Digelar 3 Kali, Ini Temanya

Ilham Budhiman Senin, 12/03/2018 13:35 WIB
PILWALKOT BANDUNG 2018: Debat Kandidat Digelar 3 Kali, Ini Temanya

Bisnis.com, BANDUNG - Debat perdana Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung 2018 akan diselenggarakan Minggu 25 Maret mendatang. Rencananya, debat kandidat akan digelar sebanyak 3 kali hingga memasuki bulan Mei.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung Rifqi Alimubaroq mengatakan, lokasi debat kandidat tersebut memang belum dapat dipastikan. Namun, KPU Kota Bandung sudah menentukan penyusunan tema.

Menurut dia, tema pada debat perdana akan lebih kepada pengenalan masing-masing pasangan calon mulai dari track record hingga visi misi yang diusungnya.

"Kemudian dilanjutkan pada debat kedua yang diselenggarakan pada 15 April. Debat kedua ini bertema identifikasi permasalahan utama di Kota Bandung," ujarnya, Senin (12/3).

Sementara debat ketiga, lanjut dia, tema lebih merujuk kepada cara masing-masing paslon dalam memajukan Kota Bandung, cara memberi pelayanan terbaik dan cara penanganan radikalisme. "Debat pamungkas ini digelar pada 13 Mei," ucapnya.

Menurutnya, debat kandidat ini akan diselenggarakan secara terbuka karena akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi lokal dan nasional. Keterbukaan ini penting agar publik tahu soal visi misi para masing-masing paslon.

Pilwalkot Bandung tengah memasuki masa kampanye. Adapun pasangan calon yang ikut bertarung dalam kontestasi ini antara lain Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat (Nuruli), Yossi Irianto-Aries Supriatna (Hebring) dan Oded M. Danial-Yana Mulyana (OYa). Pemilihan berlangsung 27 Juni mendatang.