Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 18 Desember 2018

Ribuan Keluarga Penerima Manfaat PKH Ikuti Gebyar PKH Purwakarta 2018

Wisnu Wage Jum'at, 09/03/2018 12:25 WIB
Ribuan Keluarga Penerima Manfaat PKH Ikuti Gebyar PKH Purwakarta 2018
ilustrasi

Bisnis.com,PURWAKARTA--Sekitar 2.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) se- Kabupaten Purwakarta mengikuti acara Gebyar PKH Purwakarta 2018.

Ketua Forum Pendamping PKH Kabupaten Purwakarta Deni Yusuf mengatakan Gebyar PKH Purwakarta 2018 ini selain silaturahmi, digelar juga bazar hasil produksi dari pemberdayaan KPM di 17 kecamatan.

PKH adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan bagi anggota keluarga RTSM diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

"Program ini, dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban RTSM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi. Sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan," tuturnya, Kamis (9/3/2018).

Selain itu, pelaksanaan PKH juga mendukung upaya pencapaian tujuan pembangunan millenium. Lima komponen tujuan MDG’s yang akan terbantu oleh PKH diantaranya pengurangan penduduk miskin dan kelaparan, Pendidikan Dasar, Kesetaraan Gender, Pengurangan angka kematian bayi dan balita serta Pengurangan kematian ibu melahirkan.

Deni juga mengungkapkan dampak PKH dalam menurunkan kemiskinan dan kesenjangan akan sangat dirasakan jika PKH dilaksanakan secara terintegrasi dengan program perlindungan sosial lainnya.

"Dengan pendekatan holistik, PKH diharapkan dapat berkontribusi besar dalam penurunan kemiskinan sesuai dengan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) menjadi tujuh hingga delapan persen dan penurunan indeks gini rasio menjadi 0,36 persen pada tahun 2019," ujarnya.