Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 26 September 2018

Warga Purwakarta Diminta Waspada Potensi Bencana Alam

Wisnu Wage Kamis, 08/03/2018 12:12 WIB
Warga Purwakarta Diminta Waspada Potensi Bencana Alam
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com,PURWAKARTA--Kepala Dinas Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono meminta masyarakat Purwakarta agar lebih waspada terhadap segala bentuk bencana alam yang bisa kapan saja terjadi.

"Kami berharap kepada masyarakat dimusim penghujan seperti sekarang ini bisa lebih mewaspadai gejala alam seperti terjadinya gerakan tanah agar secepatnya melapor kepada pihak yang berwenang," ujarnya, Kamis (8/3/2018).

Meski kondisi saat ini belum masuk kategori darurat bencana, namun pihaknya selaku pihak yang sangat berwenang dalam Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Purwakarta telah memberi intruksi kepada seluruh jajaran agar ekstra siaga.

"Kita tidak pernah bisa memprediksi kapan bencana terjadi, dengan demikian kita siaga bencana sampai dengan bulan April mendatang," ujarnya.

 
 tercatat ada 14 peristiwa yang melanda wilayah Purwakarta. Rata-rata peristiwa itu di pengaruhi oleh faktor cuaca buruk terhitung sejak awal hingga akhir Februari 2018 lalu.

Misalnya di Kecamatan Sukasari, titik lonsor jalur lintas dua desa itu, nyaris terputus pada akhir pekan lalu. Tanah di jalan utama yang menghubungkan Desa Kertamanah dengan Ciririp, mulai tergerus, sehingga jalan sewaktu-waktu bisa amblas. Beruntung saat ini, kontruksi jalan yang terbuat dari beton itu masih kuat menahan beban di atasnya.

Peristiwa serupa juga terjadi di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru. Tebing setinggi 10 meter juga ambrol dan memutus jalur utama yang menghubungkan Kampung Pamalayan dengan Kampung Cikandang. Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, hanya saja jalur penghubung antar desa itu sempat terputus.