Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 26 September 2018

PILGUB JABAR 2018: Hasanah Punya Program 'Jabar Seubeuh'

Wisnu Wage Kamis, 08/03/2018 09:47 WIB
PILGUB JABAR 2018: Hasanah Punya Program 'Jabar Seubeuh'
Tb Hasanudin-Anton Charliyan
Istimewa

Bisnis.com,BANDUNG--Jawa Barat memiliki lahan pertanian yang luas yang memungkinkan bisa mensuplai bahkan mengekspor bahan pangan. Bahkan Jawa Barat disebut sebagai Lumbung Padi Nasional. 
 
Akan tetapi berbagai persoalan  terus mengancam pertanian di Jawa Barat diantaranya tentang irigasi, penyusutan lahan pertanian akibat modernisasi dan alih fungsi lahan menjadi properti ataupun industri. 
 
Belum lagi jumlah petani yang kian menyusut mengingat suramnya masa depan petani.  Padahal keberadaan petani dan ketahanan pangan penting untuk ketahanan nasional. 
 
Karena itulah pasangan Hasanah (Hasanuddin - Anton Amanah) memberikan perhatian khusus terhadap petani dan ketahanan pangan dengan menggulirkan JabarSebeuh. 
 
"Jabar Seubeuh merupakan program yang diarahkan  untuk memberikan akses kepada masyarakat untuk memperoleh pangan yang layak dan cukup," kata cagub Hasanah, Kang Hasan, dalam rilis resmi, Kamis (8/3/2018).
 
Langkah-langkah yang akan dilakukan program Jabar Seubeuh, kata Kang Hasan, diantaranya perbaikan irigasi untuk mendukung pasokan air di daerah pertanian. 
 
Selanjutnya, kata dia, adalah memberikan subsidi pupuk , sarana pertanian dan bibit untuk petani secara gratis. Ini penting agar petani tidak merugi dan terus menjadi tidak berdaya. 
 
Tak hanya itu, pihaknya juga akan menyiapkan  program pinjaman modal untuk petani dan nelayan tanpa agunan melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bumdes dan kelompok tani.
 
"Agar petani kita bisa memiliki sejajar  dengan para tengkulak sehingga asa  keadilan antara petani dan konsumen dengan memotong para spekulator," ungkapnya.
 
Hasanah juga akan meningkatkan pendapatan petani melalui pelatihan usaha kelompok tani dan nelayan yang bisa memproduksi produk turunan dari hasil taninya.
 
 Hal ini bertujuan untuk memberikan perlindungan yang baik kepada petani dan nelayan yang berbasis ekspor. 
 
Selain untuk petani, Program Jabar Sebeuh juga akan diarahkan untuk nelayan dan peternak. 
 
"Pokoknya Untuk ketahanan pangan ini, kita sangat konsen. Masyarakat Jabar kudu sebeuh  gak boleh ada yang kelaparan," tandasnya.
 
 
 
Seperti diketahui, Kang Hasan  memiliki 7 program unggulan yang terdapat di Sawelas Asih, diantaranya, BogaGawe, Jabar Sebeuh, Jabar Cageur, Sakola Gratis, Imah Reumpeug , Turkamling dan Molotot.com.