Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 13 Desember 2018

LIGA CHAMPIONS

MANCHESTER CITY VS FC BASEL: Meski Kalah, The Citizens Tetap Lolos

Ilham Budhiman Kamis, 08/03/2018 08:12 WIB
MANCHESTER CITY VS FC BASEL: Meski Kalah, The Citizens Tetap Lolos

Bisnis.com, MANCHESTER - Meski kalah, Manchester City tetap lolos ke perempat final Liga Champions usai ditundukkan FC Basel 1-2 pada laga kedua babak 16 besar di Etihad Stadium, Rabu (7/3) atau Kamis dini hari WIB. The Citizens lolos dengan agregat 5-2.

Sempat unggul lewat gol Gabriel Jesus pada menit ke-8, Man City akhirnya harus mengakui keunggulan lawan lantaran dua gol yang bersarang melalui Mohamed Elyounoussi (17') dan Michael Lang (71')

Jalannya Pertandingan

Pep Guardiola nampaknya sudah yakin bahwa timnya akan lolos ke perempat final seriring dengan diistirahatkannya 9 pemain pilar sejak menit pertama. Terlebih, mereka unggul 4 gol di leg pertama.

Pelatih asal Spanyol mempercayakan duet Yaya Toure dan Ilkay Guendogan di lini tengah. Kemudian Gabriel Jesus, Leroy Sane dan Bernardo Silva di lini depan.

Hasilnya, gol sudah tercipta melalui Gabriel Jesus pada menit ke-8 yang menyambut umpan Bernardo Silva. Dengan mudah pemain asal Brasil itu menyarangkan bola ke gawang Basel, yang gagal diantisipasi penjaga gawang.

Seolah terpancing dengan gol Manchester City, tim tamu akhirnya bisa membalas dan menyamakan kedudukan di menit ke-17. Adalah Elyounoussi yang melepaskan tembakan terukur ke gawang Claudio Bravo. Skor berubah 1-1.

Skor imbang bertahan hingga turun minum. Tekanan yang dilakukan kedua tim di akhir babak pertama masih belum membuahkan gol.

Memasuki babak kedua, permainan cenderung tidak berbeda. Namun, kali ini lini pertahanan FC Basel lebih disiplin dan solid dalam mengawal pertahanan.

Sementara City masih dengan skuat sama di babak pertama. Mereka masih mengandalkan Yaya Toure dan kawan-kawan.

FC Basel akhirnya berbalik unggul di menit ke-71. Berawal dari umpan Elyounoussi, Michael Lang sanggup mengonversinya menjadi gol dengan melepas tembakan keras dari jarak dekat tanpa sanggup diantisipasi kiper Claudio Bravo. Skor pun berubah 1-2.

Skor 1-2 membuat Manchester City berusaha membalas. Namun, tidak ada gol lagi yang tercipta hingga pertandingan diakhiri oleh wasit asal Cekoslowakia.

Susunan Pemain

Manchester City: 1-Claudio Bravo, 14-Aymeric Laporte, 5-John Stones, 35-Oleksandr Zinchenko, 3-Danilo, 42-Yaya Toure, 47-Phil Foden (24-Tosin Adarabioyo 89'), 8-Ilkay Guendogan (55-Brahim Diaz 66'), 33-Gabriel Jesus, 19-Leroy Sane, 20-Bernardo Silva

Pelatih: Pep Guardiola

FC Basel: 1-Tomas Vaclik, 6-Fabian Frei, 3-Leo Lacroix, 17-Marek Suchy, 7-Luca Zuffi, 20-Serey Die, 25-Blas Riveros, 5-Michael Lang, 19-Dimitri Oberlin (9-Ricky van Wolfswinkel 74'), 33-Kevin Bua (14-Valentin Stocker 68'), 24-Mohammed Elyounoussi

Pelatih: Raphael Wicky

Wasit: Pavel Kralovec