Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 25 Juni 2018

PILWALKOT BANDUNG 2018: Hebring Optimalkan Sosmed Gaet Pemilih Milenial

Wisnu Wage Rabu, 07/03/2018 17:27 WIB
PILWALKOT BANDUNG 2018: Hebring Optimalkan Sosmed Gaet Pemilih Milenial
Ilustrasi
Reuters

Bisnis.com,BANDUNG--Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bandung nomor urut 2, Yossi Irianto-Aries Supriatna memaksimalkan kampanye di "udara" lewat pemanfaatan media sosial.
 
Langkah ini diambil untuk menggarap para pemilih dari kalangan anak muda yang dikenal sebagai generasi milenial.
 
Calon Wakil Walikota Bandung, Aries Supriatna mengatakan pasangan yang memiliki tagline "Bandung Hebring" itu menggarap serius kaum milenial di Kota Bandung yang jumlahnya mencapai sekitar 30% dari total jumlah pemilih.
 
Berbagai cara dan strategi kreatif pun disiapkan pasangan Hebring untuk meraih simpati generasi milenial. Salah satunya, kata dia, yakni dengan cara berinteraksi melalui media sosial. Facebook, Instagram, Twitter, tiga lini medsos digarap secara serius.
 
Menurut Aries, untuk masuk dan bersahabat dengan generasi milenial gampang-gampang susah. Oleh karena itu, diperlukan cara-cara tepat dan kreatif agar bisa diterima oleh anak-anak muda yang dikenal kreatif dan melek teknologi informasi tersebut.
 
Untuk mengenalkan politik kepada generasi milenial menurutnya harus pelan-pelan. Sebab, mayoritas kaum milenial, memiliki sikap apatis atau cuek dengan urusan politik. 
Oleh karena itu, tim kampanye Hebring menggunakan cara-cara kreatif agar bisa diterima oleh kaum milenial. 
 
"Salah satu pola pendekatan kami yakni dengan medsos. Medsos ini kami garap serius, karena komunikasi yang paling jitu dan relevan dengan mereka adalah melalui medsos," tutur Aries kepada wartawan saat ditemui di sela-sela kegiatan kampanye di Kelurahan Cihaurgeulis, Kota Bandung, Rabu (7/3/2018).
 
Namun bukan sekedar bermedsos. Aries menilai konten-konten medsos pun harus disesuaikan dengan karakteristik dan passion generasi milenial. 
 
"Kalau lihat medsos kami, isinya sangat kreatif dan beragam. Tidak melulu soal politik. Ada video dan lain-lain. Salah satu video kami soal Dilan-dilanan juga dapat sambutan positif dari kaum milenial," kata Aries sambil tersenyum.
 
Politikus muda Kota Bandung ini menilai menggarap kaum milenial menjadi sangat penting karena jumlahnya sangat signifikan. Bahkan, bukan tidak mungkin generasi milenial-lah yang akan menjadi penentu kemenangan di Pilwalkot Bandung 2018.
 
Namun bagi pasangan Yossi-Aries, pentingnya generasi milenial bukan hanya urusan suara, melainkan juga berkaitan dengan pembangunan Kota Bandung ke depan. Sebab, ujar dia, bila pasangan Hebring memenangkan kontestasi Pilwalkot Bandung, pihaknya akan melibatkan generasi milenial dalam membangun ibu kota Provinsi Jawa Barat.
 
Dijelaskannya, sejak awal pasangan Yossi-Aries sudah mendeklarasikan bahwa tulang punggung ekonomi Kota Bandung itu harus ditopang ekonomi kreatif. Dan cikal bakal ekonomi kreatif itu adalah komunitas kreatif yang didalamnya adalah generasi milenial.
 
"Kami punya banyak program-program untuk membina dan memfasilitasi kreatifitas mereka sehingga suatu saat mereka akan menjadi bagian dari ekonomi kreatif Kota Bandung," beber Aries yang berperan sebagai "Dilan-dilanan" dalam video di Instagram Bandung_Hebring.