Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 25 September 2018

Massa Buruh Tuntut Aher Segera Tetapkan UMSK 2018

Wisnu Wage Selasa, 06/03/2018 15:35 WIB
Massa Buruh Tuntut Aher Segera Tetapkan UMSK 2018
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com,BANDUNG--Ratusan massa buruh dari berbagai elemen menggelar aksi demontrasi menuntut penetapan upah minimum sektoral kabupaten/kota (UMSK) 2018 di Gedung Sate, Bandung, Selasa (6/3/2018).

Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Jabar Roy Djinto memastikan pihaknya akan terus mendesak agar segera menetapkan UMSK 2018.

Hal ini didasari surat Kemendagri nomor : 332/9371/SJ, tanggal 22 Desember 2017 yang telah dikirim kepada Gubernur di seluruh Indonesia yang pada prinsipnya Gubernur harus aktif menjalin koordinasi dan komunikasi serta mendiskusikan masalah yang dapat mengganggu iklim investasi. Termasuk, persiapan penetapan upah minimum 2018 dengan serikat pekerja. 

"Namun, faktanya sampai saat ini Bupati/Walikota dan Gubernur Provinsi Jawa Barat belum mampu menyelesaikan penetapan UMSK 2018 yang sebentar lagi akan memasuki hari raya 1439 H," katanya.

Pihaknya menilai, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, turut menghambat proses penetapan UMSK 2018 yang meminta Bupati/Walikota Se Jawa Barat agar proses  penetapan UMSK 2018 berdasarkan perundingan serikat pekerja dengan asosiasi pengusaha sektor.

Karena, di dalam peraturan perundang-undangan tidak ada satu kalimat/satu pasal pun yang menyatakan bahwa penetapan upah minimum sektor berdasarkan kesepakatan Asosiasi Pengusaha Sektor.

"Kami pun meminta gubernur mencabut surat Sekda yang menyatakan UMSK harus berdasarkan kesepakatan Asosiasi Pengusaha Sektor," katanya.

Roy menjelaskan, surat edaran tentang hal itu harus dicabut karena penetapan UMSK bisa dilakukan dengan Apindo tak perlu dengan kajian Sektor. "Harapan kami, surat itu dicabut dan upah sektor ditetapkan cukup dengan Apindo saja," katanya.