Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 13 Desember 2018

Cetak Wirausaha Baru, Pemkot Bandung Bakal Gelar Pelatihan

Ilham Budhiman Selasa, 06/03/2018 18:24 WIB
Cetak Wirausaha Baru, Pemkot Bandung Bakal Gelar Pelatihan
Ilustrasi
Bisnis.com

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung nyatanya serius dalam mencetak wirausaha baru. Berbagai program pun dilaksanakan untuk memupuk keterampilan masyarakat dalam berwirausaha terutama wirausahawan muda.

Dalam waktu dekat, Pemkot Bandung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdagin) Kota Bandung akan menggelar Workshop Design Thinking pada 11 April mendatang.

Workshop ini akan mengundang pemateri dari para praktisi yang telah berpengalaman dalam wirausaha kreatif. Para peserta akan diajak untuk membedah tentang bisnis yang sedang dan akan mereka jalankan.

Kepala Seksi Inovasi dan Teknologi Industri Disdagin Kota Bandung Sinta Rohani mengungkapkan, acara tersebut dirancang agar para peserta lebih kreatif dan paham mengelola bisnis di era yang penuh persaingan ini.

“Acara tersebut diadakan agar dapat mengarahkan ke Inovasi produk dengan harapan IKM (industri kecil menengah) Kota Bandung dapat lebih berinovasi pada produk yang mereka punya, sehingga dapat lebih laku di pasaran,” ungkap Sinta, Selasa (6/3).

Meskipun baru diumumkan, Santi cukup terkejut lantaran jumlah pendaftar telah melebihi kapasitas. Formulir yang masuk, kata dia, telah melebihi batas yakni 150 berkas dalam dua hari.

“Kami hanya punya kapasitas maksimal 150 orang,” jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya mengaku belum akan menutup pendaftaran. Pada pengumuman yang disebarkan, penutupan pendaftaran telah ditetapkan pada tanggal 31 Maret 2018.

“Nanti biasanya pas hari-H ada yang mengundurkan diri. Maka dari itu kemungkinan kita lebihkan dulu penerimaan pesertanya untuk mengganti yang tidak hadir,” katanya.

Santi menuturkan, hal itu kemungkinan disebabkan oleh mudahnya proses pendaftaran. Peserta tidak diminta persyaratan yang sulit, cukup dengan lampiran foto kopi KTP dan mengisi formulir.

“Hanya KTP saja karena ini khusus untuk warga Kota Bandung,” ucapnya.

Saat ini, panitia belum memastikan lokasi kegiatan. Namun, Santi menyatakan bahwa akan memberitahu langsung kepada peserta menjelang kegiatan dilaksanakan.