Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 25 Juni 2018

OSCAR 2018: Perankan Churchill, Gary Oldman Raih Aktor Terbaik

Newswire Senin, 05/03/2018 12:12 WIB
OSCAR 2018: Perankan Churchill, Gary Oldman Raih Aktor Terbaik
Gary Oldman
Reuters

Bisnis.com, HOLLYWOOD - Gary Oldman membawa pulang piala Oscar kategori Aktor Terbaik untuk perannya sebagai Winston Churchill dalam film berlatar belakang Perang Dunia II "Darkest Hour".

Oldman mengalahkan aktor seperti Timothee Chalamet ("Call Me by Your Name"), Daniel Day-Lewis ("Phantom Thread"), Daniel Kaluuya ("Get Out") dan Denzel Washington ("Roman J. Israel, Esq").

Oldman sedikit terbata-bata saat mengucapkan rasa terima kasih usai menerima piala penghargaan. Dia juga berterima kasih kepada ibunya yang berusia 98 tahun.

"Terima kasih untuk cinta dan dukunganmu. Nyalakan ceretnya. Aku bawa pulang Oscar," kata Oldman tentang piala Academy Award pertama sepanjang tiga dekade lebih karirnya.

Kemenangan itu merupakan lanjutan dari suksesnya di Golden Globe dan BAFTA. Menurut siaran laman Guardian, Oldman masuk nominasi penerima penghargaan yang sama pada 2012 untuk "Tinker Tailor Soldier Spy", tapi dia kalah dari Jean Dujardin.

Penampilan Oldman dalam "Darkest Hour", yang membuat dia menghabiskan lima jam untuk bertransformasi menjadi Churchill, menuai pujian.

"Orang menatapku karena riasannya sangat bagus sampai kau tidak tahu itu adalah riasan meski dilihat dari jarak satu inci," katanya pada Deadline. 

"Bagi orang-orang, itu luar biasa. Rasanya saya benar-benar jadi perdana menteri selama beberapa bulan."