Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 19 September 2018

9 Makanan Sehat Penghilang Racun Di Tubuh

Ilham Budhiman Minggu, 04/03/2018 10:55 WIB
9 Makanan Sehat Penghilang Racun di Tubuh

Bisnis.com, BANDUNG - Mengonsumsi makanan-makanan tertentu membantu menghilangkan racun yang terdapat di dalam tubuh. Polusi udara dan pola hidup tidak sehat adalah penyebab tubuh banyak terpapar radikal bebas.

Hal itu berdampak pada stres yang bisa membuat gangguan kesehatan. Untuk itu, tubuh memerlukan antioksidan agar mengusir radikal bebas dan racun dari dalam tubuh.

Dilansir Boldsky, ada sejumlah makanan yang mampu mengusir racun dari dalam tubuh dan bisa membuat tubuh lebih sehat. Makanan tersebut berupa buah-buahan maupun sayuran. Berikut daftar makanan yang ampuh keluarkan racun:

1. Jeruk Bali

Mengonsumsi jeruk bali saat sarapan pagi bisa membersihkan sistem pencernaan, sistem peredaran darah dan bahkan hati. Sebab, mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi serta vitamin C. Konsumsi jeruk bali setiap pagi bisa menjaga lingkar pinggang tetap langsing, tapi juga bisa juga mendetoksifikasi tubuh.

2. Bayam

Bayam ampuh mengobati anemia, meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh, serta membuat tulang lebih kuat, dan lainnya. Bayam juga dapat mendetoksifikasi seluruh tubuh dengan membuang racun berbahaya.

3. Jeruk

Mengonsumsi satu buah jeruk atau segelas besar jus jeruk segar setiap pagi bisa meningkatkan kesehatan secara signifikan. Komponen vitamin C hadir dalam jus jeruk tidak hanya dapat meningkatkan kekebalan tubuh tetapi juga mencegah penyakit.

Jeruk membunuh kuman dan membuang racun dari tubuh secara efektif.

4. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit berbahaya. Kandungan nutrisinya bisa membersihkan racun di tubuh. Senyawa yang dikenal sebagai allicin dapat menyaring racun, khususnya dari sistem pencernaan, sehingga membuat tubuh tetap aman dan sehat.

5. Brokoli

Brokoli adalah makanan terbaik mengusir racun dari dalam tubuh, karena antioksidannya yang tinggi.

6. Teh Hijau

Antioksidan kuat yang ada dalam teh hijau dapat meningkatkan tingkat metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Teh hijau bisa mengeluarkan racun secara alami dan membuat tubuh tetap terdetoksifikasi.

7. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari mengandung serat dan folat, menjaga tubuh tetap bergizi baik. Serta dapat membuang toksin dari tubuh secara efektif.

8. Alpukat

Asam lemak omega-3 dalam alpukat dapat melumasi dinding usus besar dengan baik, untuk membuat racun keluar dari tubuh lebih mudah. Sehingga, berfungsi sebagai detoksifikasi.

9. Kunyit

Kunyit bersifat anti mikroba dan banyak lagi. Kunyit juga merupakan detoksifikasi alami.