Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 21 Juni 2018

10 Manfaat Kesehatan Di Balik Susu Kambing

Ilham Budhiman Jum'at, 02/03/2018 08:53 WIB
10 Manfaat Kesehatan di Balik Susu Kambing
Ilustrasi
Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Studi telah mencatat dan merekomendasikan bahwa meminum susu kambing ternyata lebih baik daripada susu sapi. Salah satu alasannya adalah orang yang intoleran laktosa bisa mencerna susu kambing jauh lebih baik daripada susu sapi karena mengandung banyak asam lemak.

Susu kambing bisa diolah menjadi keju, es krim, yogurt dan mentega. Komposisi dan struktur susu kambing mirip dengan ASI sehingga lebih mudah dicerna. Susu kambing penuh dengan nutrisi dengan protein, karbohidrat, gula, sodium, kalsium, fosfor, potassium, vitamin A, vitamin B2, vitamin C dan vitamin D.

Susu kambing juga memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan, memperbaiki pencernaan, memperkuat tulang, meningkatkan kesehatan jantung dan membantu menurunkan berat badan.

Berikut manfaat di balik susu kambing seperti dilansir Boldsky:

1. Bagus untuk Pencernaan

Asam lemak yang ada pada susu kambing lebih kecil sehingga memudahkan tubuh untuk mencerna. Saat minum susu kambing, protein dalam susu tersebut membentuk dadih yang lebih lembut, yang membantu tubuh Anda mencerna tanpa adanya iritasi.

2. Memperkuat tulang

Susu kambing kaya akan kalsium dengan 1 cangkir yang menyediakan 327 miligram mineral ini yang lebih banyak dari susu sapi. Ini membantu mencegah osteoporosis dan gangguan terkait tulang lainnya dan juga membantu memperkuat tulang dan gigi.

3. Sifat anti-inflamasi

Susu kambing memiliki khasiat antiinflamasi yang mengurangi peradangan dan sakit perut. Itu karena enzim unik yang disebut oligosakarida yang dapat membantu mengobati penyakit radang usus. Enzim ini juga bisa mengurangi radang usus.

4. Melindungi hati

Asam lemak yang menguntungkan dalam susu kambing membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini selanjutnya akan mencegah stroke, serangan jantung, aterosklerosis dan komplikasi koroner lainnya.

Kandungan potasium yang kaya pada susu kambing mengurangi tekanan darah dan mengurangi ketegangan dari jantung.

5. Membantu metabolisme tubuh

Susu kambing lebih padat nutrisi dibanding susu sapi. Secangkir susu kambing menyediakan 20 persen vitamin B dan mengandung sejumlah fosfor dan potassium dalam jumlah besar.

Minum susu kambing bisa membantu menenangkan saluran pencernaan yang berperan sebagai pendorong metabolisme yang sangat baik.

6. Menjaga kulit tetap sehat

Trigliserida dan asam lemak dalam susu kambing memiliki kualitas pelembab yang membantu menjaga kulit tetap sehat dan cerah. Susu kambing mengandung vitamin A tingkat tinggi yang membantu memperbaiki kulit Anda dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Juga asam laktat dalam susu kambing membantu kulit Anda menyingkirkan sel-sel mati.

7. Penyerapan nutrisi dan mineral

Mineral seperti besi, kalsium, fosfor dan magnesium hadir dalam susu kambing dan lebih mudah dicerna. Aspek lain adalah bahwa konsumsi susu kambing secara teratur meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan zat besi yang akan membantu meningkatkan hemoglobin yang dapat melawan anemia.

8. Pertumbuhan dan perkembangan tubuh

Susu kambing adalah sumber protein yang sangat baik yang merupakan bagian penting dari pertumbuhan dan perkembangan. Protein adalah blok bangunan tubuh dan untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan jumlah protein yang tepat, minum susu kambing setiap hari.

9. Meningkatkan kesehatan otak

Studi yang dicatat telah menunjukkan bahwa lipid dalam susu kambing dapat menurunkan kecemasan pada orang. Ini juga mengandung asam linoleat terkonjugasi yang dapat membantu mempengaruhi perkembangan otak pada orang-orang dari semua kelompok usia.

Maka, mulailah minum susu kambing setiap hari untuk mempertajam ingatan Anda!

10. Meningkatkan imunitas

Susu kambing memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dan penyakit karena mengandung selenium dalam jumlah yang signifikan. Mineral langka ini berperan penting dalam berfungsinya sistem kekebalan tubuh dan melindungi sistem kekebalan tubuh dari penyakit dan infeksi.