Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 17 Agustus 2018

Datsun Cross Menjejak Pasar Jabar

Kahfi Selasa, 27/02/2018 21:30 WIB
Datsun Cross Menjejak Pasar Jabar

 

 Bisnis.com, BANDUNG- PT Nissan Motor Indonesia atau NMI akhirnya meluncurkan produk anyar Datsun Cross di pasar Jawa Barat.

Peluncuran tersebut berlangsung di Bandung, Selasa (27/2/2018). Rencananya, mobil yang dibanderol Rp163 juta itu akan mengaspal pada Maret.

Presiden Direktur NMI Eichii Koito mengamini  pabrikan asal Jepang itu tengah menggenjot pengusaan pasar Datsun. Apalagi, lanjutnya, dengan kehadiran Datsun Cross pada awal tahun ini.

Dia mengatakan kehadiran Cross sekaligus mengembalikan citra produk Datsun yang tak hanya menghuni segmen low cost green car (LCGC). “Selama ini citra yang terbawa karena kehadiran sebelumnya Datsun itu LCGC, padahal tidak,” ungkapnya di saat peluncuran produk.

Koito mengatakan Datsun merupakan pemain lama di pasar otomotif Indonesia. Produk Datsun mempunyai riwayat kehadiran yang cukup panjang.

“Sejak tahun 60-an Datsun sudah hadir di Indonesia,” katanya.

Di sisi lain, perbedaan mencolok Cross dengan pendahulunya yang menghuni segmen LCGC adalah karakter tampilan dan teknologi mesin. “Kami menginginkan produk lebih fashionable dan energicI,”  kata Koito.

Terkait spesifikasi  mesin, Datsun tetap memakai platform yang juga dipergunakan di produk Nissan lainnya. “Mesin sama dengan March dan produk lain, karena teknologi yang masih cukup tepat hingga saat ini,” simpul Koito.

Lewat produk baru itu, dia optimistis NMI bakal mampu mendongkrak penjualan di wilayah Jabar, terutama Bandung Raya. “Pertumbuhan penjualan di Bandung cukup tinggi, sedangkan konsumen yang disasar Datsun Cross juga masih gemuk,” ungkapnya.

FITUR

Datsun Cross merupakan produk anyar dari NMI yang dilengkapi beragam fitur terkini. Mobil jenis crossover besutan pabrik Nissan di Purwakarta, Jawa Barat, itu menggendong mesin berbahan bakar bensin.

Kapasitas mesin Datsun Cross sebesar 1.200cc, dengan tenaga 68/78 horsepower, serta torsi puncak 104 Nm. Dengan karakter mesin itu, Cross dianggap mempunyai keseimbangan antara peforma tenaga serta penghematan bahan bakar.

Produk tersebut tak hanya tersedia versi transmisi manual. Pada Cross, pabrikan menyematkan teknologi canggih CVT (continously variable transmission). Sejauh ini, belum pernah teknologi CVT itu digunakan pada produk Datsun.

Dari ukuran kaki, Cross disangga ban berukuran 15 inci, bodi pun tampak lebih tegap dengan jarak bodi dan permukaan jalan mencapai 200 milimeter. Keunggulan lainnya, Cross dilengkapi dengan teknologi vehicle dynamic control (VDC). Fitur VDC itu mencakup penggunaan ABS, traction control (TCS), electronic brake distribution with brake assist (EBD).

Selain itu, Cross yang mengawali perang NMI di segmen crossover melengkapi diri dengan kantong udara ganda, serta fitur keamanan lain seperti peringatan sabuk pengaman.