Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 13 Desember 2018

10 Manfaat Raspberry Bagi Kesehatan Tubuh

Ilham Budhiman Selasa, 27/02/2018 08:27 WIB
10 Manfaat Raspberry bagi Kesehatan Tubuh
Raspberry
Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Buah raspberry merupakan buah yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah yang teksturnya lembut dan manis ini memiliki varian warna seperti ungu, hitam, kuning, oranye dan putih.

Raspberry penuh serat dengan 20 persen dari total berat berry. Raspberry juga mengandung antioksidan polifenol dalam jumlah signifikan seperti pigmen antosianin yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Ini mengandung banyak sumber vitamin dan mineral yang membantu menurunkan risiko kanker, penyakit kardiovaskular, dan bahkan dapat meningkatkan kesuburan. Dan berikut 10 manfaat kesehatan dari raspberry seperti dilansir Boldsky:

1. Menurunkan berat badan

Raspberry diisi dengan serat makanan dan ini dapat memperlambat proses pencernaan, sehingga membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

Mangan yang terkandung di dalam raspberry meningkatkan tingkat metabolisme yang membantu membakar lemak.

2. Mencegah degenerasi makula

Makan raspberry dapat mencegah degenerasi makula, kondisi terkait usia yang mempengaruhi mata Anda. Kondisi ini bisa merusak retina dan bisa terjadi baik pada bentuk kering maupun basah. Untuk mencegah hal ini, Anda bisa makan raspberry dengan yogurt.

3. Membantu melawan kanker

Raspberry membantu memerangi kanker karena kaya akan asam ellagic, yang memiliki kemampuan untuk mencegah kanker. Ini bertindak sebagai antioksidan yang menghentikan produksi sel kanker tertentu yang meliputi kanker payudara, kanker paru-paru, kanker kulit, kanker kandung kemih dan esofagus.

4. Menjaga kesehatan jantung

Raspberry kaya serat dan sangat baik untuk jantung. Buah beri mengandung 0,2 miligram anthocyanin. Memakannya setiap hari akan mengurangi risiko penyakit jantung. Antosianin berperan sangat penting dalam menurunkan kerusakan oksidatif dan peradangan.

5. Meningkatkan kesuburan

Vitamin C dan kandungan magnesium dalam raspberry dapat meningkatkan kesuburan pada wanita dan pria. Selain itu, tingginya tingkat antioksidan pada raspberry akan melindungi konsepsi pasca embrio, sehingga mengurangi risiko keguguran dan melindungi kesehatan sperma.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Raspberry adalah makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C, yang memperkuat sistem kekebalan dan mengatasi penyakit dan infeksi. Ini juga mengandung antioksidan seperti fenol dan antosianin yang akan membuat tubuh Anda tetap sehat dan mencegah Anda jatuh sakit.

7. Mengobati diabetes

Fitonutrien dalam raspberry bekerja bersamaan dengan hormon inaktif tertentu dalam tubuh untuk memperbaiki keseimbangan gula darah dan meningkatkan keseimbangan insulin. Ini membantu dalam mencegah diabetes, terutama diabetes tipe 2.

8. Meningkatkan memori

Raspberry kaya akan fitonutrien yang telah terbukti meningkatkan dan menjaga fungsi otak yang baik. Juga, raspberry memiliki polifenol yang diketahui memperbaiki masalah kognitif terkait usia.

9. Meningkatkan pencernaan

Raspberry dikemas dengan serat dan mengonsumsi serat dalam jumlah tinggi meningkatkan pencernaan. Ini membantu dalam buang air besar yang tepat dan dengan demikian mencegah gangguan pencernaan. Daun raspberry juga bermanfaat untuk mengobati penyakit saluran pencernaan.

10. Meringankan arthritis

Polifenol dalam raspberry sangat baik untuk arthritis. Mengonsumsi raspberry setiap hari akan membantu menjaga kesehatan sendi dan mengobati peradangan. Ini juga menghambat resorpsi tulang, suatu kondisi di mana kalsium diangkut dari jaringan tulang ke darah.