Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 25 Juni 2018

10 Manfaat Biji Semangka Untuk Kesehatan Tubuh

Ilham Budhiman Jum'at, 23/02/2018 09:13 WIB
10 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi
Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Semangka adalah buah yang menyegarkan, bergizi, dan kaya antioksidan. Namun, biji semangka seringkali disingkirkan agar tidak termakan. Padahal, biji semangka sebenarnya memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan.

Menurut ahli yang dilansir Boldsky, biji semangka aman untuk dikonsumsi. Biji semangka mengandung asam amino, protein, vitamin B, niasin, magnesium, seng, tembaga, potassium, mangan, besi, dan tembaga.

Biji semangka juga terdiri atas lemak sehat yaitu asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6. Bahkan, minyak biji semangka menghasilkan keajaiban bagi kulit dan rambut.

Berikut 10 manfaat di balik biji semangka yang mungkin belum diketahui:

1. Meningkatkan kesehatan

Biji semangka mengandung magnesium, mineral penting yang berkontribusi terhadap kesehatan jantung. Mengonsumsi bijinya akan mengatur tekanan darah dan fungsi jantung dengan normal. Biji semangka juga dikemas dengan antioksidan dan anti-inflamasi.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Biji semangka dikemas dengan zat besi dan vitamin B yang memperkuat sistem dan fungsi kekebalan tubuh.

3. Mengobati diabetes

Biji semangka dianggap anti-diabetes yang memiliki efek positif pada akumulasi glikogen yang tersimpan. Jurnal Internasional menyebutkan bahwa biji semangka dapat mencegah diabetes tipe 2.

4. Memperlancar pencernaan

Biji semangka mengandung magnesium yang mengaktifkan enzim dalam tubuh mampu menyerap nutrisi, sehingga membantu pencernaan yang lebih baik dan dapat mencegah asam lambung.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Biji semangka meningkatkan tekstur kulit dan penampilan secara keseluruhan. Biji semangka mengandung magnesium yang menurunkan kadar kortisol dan menyeimbangkan hormon, sehingga juga membantu mencegah keriput dan bertindak sebagai pelindung radikal bebas.

6. Meningkatkan kesehatan otak

Magnesium hadir dalam biji semangka meningkatkan daya ingat dan juga meningkatkan kesehatan otak. Sebuah studi di Amerika mencatat telah menyebutkan bahwa magnesium dapat mempercepat fungsi memori dan dapat mengobati penyakit Alzheimer.

7. Meningkatkan kesuburan pria

Biji semangka mengandung seng yang merupakan mineral penting lainnya yang bermanfaat bagi sistem reproduksi pria, sehingga bisa meningkatkan kualitas sperma pada pria yang tidak subur. Sebab biji semangka mengandung mangan yang berkontribusi terhadap kesuburan pria.

8. Turunkan tekanan darah

Biji semangka mengandung arginin dalam jumlah tinggi, yang menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

9. Mencegah osteoporosis

Biji semangka dipenuhi dengan mineral penting yang membantu dalam memperkuat tulang dan meningkatkan kepadatan mineral tulang. Mengonsumsi bijinya akan mencegah osteoporosis dan akan membuat tetap kuat seiring bertambahnya usia.

10. Menurunkan kolesterol jahat

Biji semangka penuh dengan serat dan asam lemak yang membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol jahat meningkatkan penyakit jantung, menghalangi arteri yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.