Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 13 Desember 2018

LIGA CHAMPIONS

SHAKHTAR DONETSK VS AS ROMA: Serigala Roma Terkapar Di Ukraina

Ilham Budhiman Kamis, 22/02/2018 08:35 WIB
SHAKHTAR DONETSK VS AS ROMA: Serigala Roma Terkapar di Ukraina
Para pemain Shakhtar Donetsk saat merayakan kemenangan atas AS Roma
Istimewa

Bisnis.com, KHARKIV - AS Roma harus mengakui kemenangan tuan rumah usai dikalahkan Shakhtar Donetsk 2-1 dalam laga pertama babak 16 besar Liga Champions di OSK Metalist Stadion pada Rabu (21/2) atau Kamis dini hari WIB. 

Gol tercipta masing-masing oleh Cengiz Under pada menit ke-41. Sementara dua gol tuan rumah dicetak Facundo Ferreyra menit ke-52 dan Fred pada menit ke-71.

Kemenangan ini harus dijaga dengan baik oleh Shakhtar apabila ingin lolos ke babak selanjutnya. Leg kedua akan dilanjutkan di Stadion Olimpico Roma pada Selasa (13/3) mendatang.

Jalannya Pertandingan

Sebagai tamu, AS Roma terlihat lebih bermain hati-hati ketimbang bermain secara terbuka. Sementara Shakhtar Donetsk terlihat lebih nyaman. Kendati demikian, peluang yang dihasilkan terhitung seimbang.

AS Roma mampu unggul terlebih dahulu melalui Cengiz Under di menit ke-41. Berawal dari umpan Edin Dzeko, pemain tersebut berhasil melepaskan tendangan terarah di dalam kotak penalti. Gol tercipta dan skor berubah 0-1 untuk sementara.

Unggul satu gol membuat Serigala Roma percaya diri. Namun, tuan rumah tidak mengalah begitu saja. Laga babak pertama berakhir 0-1 untuk kemenangan Serigala Roma.

Masuk babak kedua Shakhtar Donetsk mulai menekan pertahanan lawan. Laga baru berjalan 7 menit, tuan rumah akhirnya mampu membalas skor menjadi 1-1.

Adalah Facubdo Ferrerya yang mengubah skor tersebut. Umpan yang diterima dari Yaroslav Rakitskiy tidak disia-siakan secara percuma, dengan mengecoh bek Roma Manolas, dia berhasil menjebol gawang Roma yang dikawal Alisson Becker.

Skor imbang membuat permainan semakin sengit. Anak asuh Eusebio Di Francesco tidak mau pulang dari tandang dengan hasil yang mengecewakan. Begitu juga dengan anak asuh Paulo Fonsesca, mereka tidak ingin kalah ataupun seri di kandang.

Akhirnya tuan rumah yang mampu balik unggul menjadi 2-1. Melalui Fred di menit ke-71, tendangannya yang sempat menyentuh mistar gawang mampu menjebol gawang Alisson. Skor berubah 2-1.

Skor ini berakhir hingga wasit asal Skotlandia meniupkan peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Dengan kemenangan ini, tentu belum dapat dipastikan Shakhtar Donetsk akan lolos dengan mudah sebab As Roma akan bermain di kandang pada leg kedua.