Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 20 September 2018

11 Manfaat Kesehatan Buah Markisa

Ilham Budhiman Minggu, 18/02/2018 10:07 WIB
11 Manfaat Kesehatan Buah Markisa
Ilustrasi
Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Buah markisa adalah buah aromatik yang memiliki banyak nutrisi penting. Markisa bisa dikonsumsi sebagai makanan ringan, dessert atau salad.

Buah markisa banyak dikosumsi di seluruh dunia dan ada hampir lebih dari 500 varietas buah. Buah ini terlihat mirip dengan jeruk bali yang ditemukan dalam berbagai warna seperti ungu tua atau kuning.

Buah markisa memiliki manfaat kesehatan dan obat-obatan yang sangat besar mulai dari meningkatkan pencernaan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, memperbaiki penglihatan, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan mencegah jenis kanker tertentu.

Buah eksotis ini juga memiliki banyak vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin A, riboflavin, besi, magnesium, fosfor, potassium, tembaga dan serat.

Berikut 11 manfaat kesehatan buah markisa yang mungkin belum diketahui seperti dilansir Boldsky:

1. Meningkatkan imunitas

Buah markisamembantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C, antioksidan dan senyawa tertentu. 100 gram markisa mengandung 30 miligram vitamin C. Vitamin ini membantu mengurangi radikal bebas dari tubuh.

2. Anti-kanker

Buah ini meningkatkan aktivitas antikarsinogenik di tubuh yang membantu mencegah kanker. Polifenol, antioksidan dan karotenoid hadir dalam markisa yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, khususnya untuk kanker paru-paru dan kanker mulut.

3. Menyembuhkan insomnia

Tahukah Anda bahwa minum segelas jus buah markisa memiliki efek menenangkan pada pikiran? Ya, benar sebab mengonsumsi buah ini dapat melemaskan saraf Anda.

Orang yang menderita insomnia dan gangguan terkait tidur lainnya dapat mengonsumsi markisa sebagai bagian dari makanan mereka.

4. Kesehatan mata

Buah markisa mengandung vitamin A, yang bisa menguntungkan untuk mata. Ini akan membantu mencegah katarak, rabun senja dan degenerasi makula. Jumlah antioksidan signifikan yang hadir dalam markisa akan semakin meningkatkan berfungsinya membran di dalam tubuh.

5. Bagus untuk pencernaan

Buah markisa mengandung serat, yang membuatnya sangat baik untuk pencernaan dan menjaga usus tetap bersih. Buah ini memiliki efek pencahar, yang membantu membersihkan usus besar dan menjaga agar saluran pencernaan tetap sehat.

6. Mengurangi tekanan darah

Buah ini mengandung potassium yang berperan sebagai vasodilator. Mineral hadir dalam buah ini mendorong kesehatan jantung, meningkatkan aliran darah dan melemaskan ketegangan pembuluh darah. Jaga kesehatan jantung Anda dengan makan markisa setiap hari.

7. Meredakan asma

Buah markisa sangat bergizi dan sehat yang mengandung vitamin penting, yaitu vitamin C. Vitamin ini mencegah gejala asma dan membantu menenangkan serangan asma. Ini juga membantu dalam mengurangi batuk.

8. Meningkatkan kesehatan tulang

Buah markisa mengandung banyak mineral penting seperti tembaga, besi, fosfor dan magnesium. Mineral ini membantu dalam meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mempertahankan kekuatan tulang. Memiliki markisa sehari juga bisa mencegah osteoporosis.

9. Baik untuk jantung

Buah ini memiliki flavonoid dan asam fenolik yang membantu melindungi jantung Anda. Buah markisa memiliki kemampuan mengendalikan kadar kolesterol dengan mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Kolesterol jahat menghalangi arteri dan meningkatkan tekanan pada jantung Anda.

10. Menurunkan berat badan

Buah markisa adalah salah satu buah yang sempurna untuk menurunkan berat badan karena memiliki kalori rendah, lemak dan sodium. Per porsi markisa (100 gram) memiliki 97 kalori.

Buah ini juga memiliki kandungan serat tinggi, yang mengisi perut Anda, sehingga mengurangi hasrat makanan Anda pada waktu yang tidak biasa.

11. Baik untuk penderita diabetes

Buah markisa memiliki kandungan serat tinggi dan indeks glikemik rendah yang membantu dalam menjaga kadar insulin pada pasien diabetes. Penderita diabetes bisa mengonsumsi buah ini, karena akan membantu menjaga kadar gula darah mereka tetap stabil.