Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 18 Agustus 2018

IMLEK 2018: Chinatown Bandung Gelar Food Festival

Ilham Budhiman Kamis, 15/02/2018 11:17 WIB
IMLEK 2018: Chinatown Bandung Gelar Food Festival
Chinatown Bandung
Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Menyambut Hari Raya Imlek 2569 yang jatuh pada Jum'at (16/2), Chinatown Bandung menggelar Food Festival selama empat hari penuh dari tanggal 15 Februari hingga 18 Februari mendatang.

"Kita menggelar Food Festival selama empat hari dimulai tanggal 15 (februari) sampai tanggal 18 (Februari)," kata Manajer Operasional Chinatown Bandung, Ekan, di Chinatown Bandung, Jalan Kelenteng No 41, Rabu (14/2).

Menurut Ekan, gelaran Food Festival merupakan kali pertama yang diadakan Chinatown Bandung sejak diresmikannya lokasi wisata ini pada bulan Agustus 2017 lalu yang dihadiri Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

"Food Festival adalah kali pertama, karena Chinatown baru dibuka saat Agustus tahun lalu," ujarnya.

Di Food Festival, kata Ekan, ada beberapa makanan khas yang akan disajikan untuk para pengunjung. Meski demikian, Ekan enggan memobocorkan makanan khas apa yang akan disajikan tersebut. "Makanan khas ada beberapa, namun gak terlalu banyak," ucapnya.

Di samping Food Festival, pengunjung yang datang juga akan disuguhkan oleh pertunjukkan musik dan kesenian tradisional. "Selain bazar makanan, plus juga sebuah penampilan kesenian tradisional tionghoa yang dipadupadankan dengan live music," ucapnya.

Ekan mengatakan, salah satu penampilan kesenian yang akan ditampilkan di chinatown Bandung adalah pertunjukkan barongsai. Di samping itu, pernak-pernik yang ditonjolkan di lokasi acara pun akan istimewa.

"Pernak-pernik kita ada lampion-lampion, khususnya untuk spot foto. Ada barongsai juga," katanya.

Pada gelaran kali ini, pihaknya menargetkan angka kunjungan hingga 1.000 orang. Tiket yang dipatok untuk memasuki lokasi wisata ini hanya Rp20.000/orang.

"Kita mulai dari pukul 13.00 WIB sampai jam 20.000 malam. Tiket masuk karena memasuki tanggal merah jadi di angka Rp20.000. Itu selama gelaran Food Festival," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari mendukung gelaran ini. Menurut dia, perayaan Imlek tahun ini di Kota Bandung memang dipusatkan di Chinatown Bandung.

"Untuk perayaan chinese new year dipusatkan di Chinatown Bandung selama empat hari. Akan ada pertunjukkan. Dan kegiatan ini tentunya didukung Disbudpar," ujar Kenny.