Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 20 Agustus 2018

Asisten Ekonomi Setda Jabar Jadi Pjs Wali Kota Bandung, Kadishub Ke Cirebon

Wisnu Wage Rabu, 14/02/2018 16:15 WIB
Asisten Ekonomi Setda Jabar Jadi Pjs Wali Kota Bandung, Kadishub ke Cirebon
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan

Bisnis.com,BANDUNG--Gubernur Jabar Ahmad Heryawan resmi melantik pejabat sementara (Pjs) Bupati/Wali Kota di 7 daerah yang menggelar Pilkada Serentak 2018.

Sebanyak 7 pejabat eselon II Pemprov Jabar akhirnya mengisi sejumlah kursi yang ditinggalkan cuti kampanye oleh petahana yang maju di Pilkada Serentak maupun Pilgub Jabar 2018.

Ketujuh pejabat tersebut yakni Asisten Bidang Administrasi Setda Jabar M Solihin yang menjadi Pjs Wali Kota Bandung, Kadishub Jabar Dedi Taufik duduk sebagai Pjs Wali Kota Cirebon, Karo Pelayanan Sosial Setda Jabar Dady Iskandar yang menjadi Pjs Bupati Subang.

Lalu ada Kepala Kesbangpol Jabar Ruddy R Gandakusumah menjadi Pjs Wali Kota Bekasi, Asisten Bidang Pemerintahan, Hukum dan Kesra Setda Jabar Koesmayadi menjadi Pjs Bupati Garut, lalu Kepala BKPP Wilayah IV Priangan Dedi Mulyadi menjadi Pjs Bupati Ciamis. Terakhir Kepala BKD Jabar Sumarwan HS ditunjuk jadi Pjs Bupati Sumedang.

Heryawan mengatakan proses penunjukan Penjabat Sementara ini telah ditempuh sesuai ketentuan Pasal 5 Permendagri Nomor 1 Tahun 2018 yang diawali dengan mekanisme pengusulan calon Penjabat Sementara dari Gubernur untuk kemudian ditunjuk dan ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri.

“Alhamdulillah, Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Penunjukan Penjabat SementaraBupati/Wali Kota telah kita serah terimakan pada hari ini, atau tepat satu hari sebelum masa kampanye dimulai,” katanya.

Dengan demikian, menurutnya tidak akan terjadi kekosongan jabatan Bupati/Walikota selama Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota menjalani cuti di luar tanggungan negara saat kampanye. “Sehingga menjamin keberlangsungan penyelenggaraan pemerintahan daerah di masing-masing Kabupaten/Kota.