Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 23 Februari 2018

Bandung Mulai Beralih Ke Cashless Payment

Ilham Budhiman Rabu, 14/02/2018 13:55 WIB
Bandung Mulai Beralih ke Cashless Payment
Layanan Bandung Cashless Payment untuk pembayaran transportasi publik seperti bus Trans Metro Bandung
Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - PT Bandung Infra Investama (BII) selaku BUMD Pemkot Bandung bekerjasama dengan PT Mega Akses Indonesia serta PT Solusi Nusantara Terpadu terkait "Bandung Regional Government Data Center and Bandung Cashless Payment System".

Layanan Bandung Cashless Payment adalah layanan pembayaran nontunai yang nantinya dapat digunakan untuk pembayaran transportasi publik seperti bus Trans Metro Bandung (TMB) dan transaksi lainnya.

"Alhamdulilah, Bandung Cashless payment system sudah diluncurkan, seperti harapan kita bersama, penerapan ini semakin mendukung penerimaan pajak sebagai modal pembangunan," kata Ridwan Kamil, Selasa (14/2).

Menurutnya, penerapan sistem nontunai tersebut bukan hanya memberikan kenyamanan dari sisi keamanan. Dengan transaksi ini, maka bisa lebih tertib lagi dalam hal administrasi.

"Hal tersebut akan berjalan lancar karena transaksi menggunakan jalur yang terorganisir," kata pria yang kerap disapa Emil ini.

Hadirnya sistem tersebut juga dapat menjadi bagian upaya pemerintah sebagai peningkatan pendapatan pajak yang pada akhirnya dapat digunakan untuk kemajuan pembangunan.

"Hal itu terus kita dorong demi mewujudkan Bandung yang smart city. Ini tentunya membawa perubahan yang lebih baik," ucapnya.

Penggunaan cashless sendiri sudah banyak ditemui di sejumlah minimarket. Bahkan di Jakarta, moda transportasinya sudah menggunakan cashless payment. Kini, Kota Bandung menyusul penerapan tersebut.

Cashless payment tidak hanya praktis, tetapi juga aman karena pengguna tidak harus membawa uang tunai yang rawan penjambretan. Selain itu, penggunaan cashless payment bisa lebih efisien dan memudahkan mengatur keuangan.

"Maka inovasi dan kolaborasi itu penting dalam memajukan sebuah peradaban manusia dan kota," jelasnya.

Sementara Bandung Regional Government Data Center merupakan pusat penyimpanan data instansi pemerintah dan pusat distribusi internet di Kota yang terintegrasi dengan gedung cyber 1 dan 3 di Jakarta sebagai pusat distribusi internet internasional.

Distribusi tersebut memiliki target memberi layanan internet kualitas terbaik dan harga terjangkau dengan sasaran produk seluruh kota Bandung yang khsusunya memiliki e-KTP Kota Bandung.

Apps Bisnis.com available on: