Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 15 Agustus 2018

Ini Tahapan Dalam Melakukan IPO

Novita Simamora Rabu, 14/02/2018 11:10 WIB
Ini Tahapan Dalam Melakukan IPO
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA—Untuk menjadi besar, perusahaan-perusahaan mulai melirik opsi pendanaan dari pasar modal khususnya dari penawaran umum perdana saham (initial public offering).

Head of Valuation BDO Indonesia, Panca Arief Jatmika mengatakan untuk melakukan IPO, yang dipersiapkan tentunya tidak rumit. Dia mengatakan, ada tiga tahap yang dilakukan untuk melakukaan IPO.

“Tiga tahap itu adalah penelaahan, persiapan dan pelaksanaan IPO serta ekspansi bisnis,” ungkapnya di Gedung Bursa Efek Indonesia, Rabu (14/2/2018).

Tahap pertama adalah penelaahan. Penelaahan dilakukan untuk menilai faktor internal dan eksptenal yang akan mempengaruhi kesuksesan dalam melakukan IPO. Penelaahan akan membantu memahami posisi perusahaan, masa depan serta prospek bisnis perusahaan. Penelaahan terdiri dari:

  1. Penelaahan uji tuntas (due diligence)
  2. Penelaahan manajemen risiko perusahaan
  3. Penelaahan proyeksi bisnis

Tahap kedua adalah persiapan adalah

  1. Melakukan valuasi saham
  2. Restrukturisasi
  3. Pencarian calon investor, jika dibutuhkan

Tahap ketiga adalah melakukan pelaksanaan IPO dan ekspansi bisnis yakni

  1. Melakukan initial public offering (IPO)
  2. Penggunaan dana IPO untuk melakukan ekspansi bisnis.

Pada tahun ini, Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan sekurangnya 35 emiten baru masuk ke pasar modal Indonesia.  Berdasarkan data BEI, per 27 Desember 2017 total penggalangan dana di pasar modal mencapai Rp808 triliun. Rinciannya ialah penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) senilai Rp564,7 triliun, obligasi korporasi Rp155,1 triliun, right issue Rp77,3 triliun, IPO Rp9,5 triliun, dan penerbitan waran Rp1,4 triliun