Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 23 Februari 2018

Jabar Wacanakan Bangun Jalur Lingkar Emen

Wisnu Wage Selasa, 13/02/2018 10:08 WIB
Jabar Wacanakan Bangun Jalur Lingkar Emen

Bisnis.com,BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat menolak mengubah geometri jalan Tanjakan Emen, Subang yang menyebabkan 27 orang tewas dalam kecelakaan bus Pariwisata, Sabtu (10/2) lalu.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar M Guntoro mengatakan usulan Korlantas Polri dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar geometri jalan milik provinsi tersebut diubah agak berat dan banyak resiko. “Biaya mengubah geometri jalan itu mahal,” katanya pada bisnis, Senin (12/2/2018).

Menurutnya jika geometri jalan sepanjang 5 kilometer yang sering terjadi kecelakaan diubah, maka ada konsekuensi pihaknya harus memapas bukit dan kontur daerah disana. Akibatnya struktur jalan kemungkinan terancam amblas atau longsor. “Jadi kita lebih mencoba untuk membuat jalur lingkar biayanya tidak semahal mengubah geometri,” tuturnya.

Jalur lingkar tersebut menurutnya mirip yang dibangun di kawasan Nagreg, dimana nantinya kendaraan dari arah Bandung menuju Subang melewati jalur tersebut, sementara dari arah sebaliknya melalui jalur lama.

“Mengubah geometri nggak mungkinlah, kalau jalur lingkar kita hitung sementara kebutuhan Rp60 miliar,” ujarnya.

Pihaknya sudah menurunkan tim survey untuk menentukan titik-titik yang layak dibangun jalur lingkar. Sementara untuk jangka pendek pihaknya menyiapkan pembangunan escape road atau jalur keselamatan untuk menghentikan kendaraan yang mengalami kelebihan kecepatan atau rem blong.

“Itu untuk jangka pendek, jadi kendaraan bisa dihentikan. Kita buat beberapa titik,” paparnya

 

Apps Bisnis.com available on: