Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 20 Agustus 2018

KECELAKAAN MAUT TANJAKAN EMEN: Jabar Siapkan Jalur Penyelamat

Wisnu Wage Senin, 12/02/2018 17:23 WIB
KECELAKAAN MAUT TANJAKAN EMEN: Jabar Siapkan Jalur Penyelamat

Bisnis.com, BANDUNG--Guna mencegah kecelakaan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menyiapkan jalur penyelamat di sekitar Tanjakan Emen, Subang.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan kecelakaan maut yang menewaskan 27 penumpang tersebut patut disesalkan. "Dari segi jalan itu tidak ada masalah, kemungkinan karena ada faktor kelaikan kendaraan," katanya di Gedung Sate, Bandung, Senin (12/2/2018).

Menurutnya ke depan patut dipersiapkan jalur penyelamat kiri-kanan di Tanjakan Emen yang memungkinkan supir bus menyelamatkan penumpang dari kemungkinan kecelakaan parah. "Harus ada jalur penyelamat pakai pasir, jadi mobil bisa tertahan," katanya.

Jalur berpasir mirip sirkuit tersebut dinilai Aher layak dibuat di jalur milik provinsi ini agar kendaraan berkecepatan tinggi bisa terselamatkan dan tertahan. "Bahu jalan harus dilebarkan, yang bahaya itu yang turun jadi harus ada jalur escape road, ini ikhtiar dukung keselamatan," ujarnya.

Tanjakan Emen dan jalur menuju Ciater yang panjangnya 5 kilometer diupayakan dibangun jalur penyelamat di sejumlah titik. Dia yakin solusi jangka pendek ini bisa mencegah terjadinya kecelakaan.

"Anggarannya diupayakan paling telat di APBD Perubahan 2018," katanya.