Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 15 Agustus 2018

KECELAKAAN MAUT TANJAKAN EMEN: Supir Bus Resmi Jadi Tersangka

Wisnu Wage Senin, 12/02/2018 15:15 WIB
KECELAKAAN MAUT TANJAKAN EMEN: Supir Bus Resmi Jadi Tersangka

Bisnis.com,BANDUNG--Polda Jawa Barat resmi menetapkan supir Bus Pariwisata Premium Fassion nopol F-7959-AA, Amirudin sebagai tersangka atas kecelakaan maut yang menewaskan 27 penumpang di tanjakan Emen, Subang, Sabtu (10/2/2018).

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan penetapan ini berdasarkan penyelidikan yang dilakukan pihaknya paska kejadian. "Sudah kita tetapkan tersangka pengemudi inisial AM," katanya di KPU Jabar, Senin (12/2/2018).

Dari hasil pemeriksaan membuktikan bahwa Amir menyadari bahwa bus yang membawa rombongan wisatawan dari Tanggerang berada dalam kondisi rusak pada bagian pengereman.

Bahkan, lanjut Agung, kondisi tersebut semakin dirasakan AM saat beristirahat di sebuah restoran di kawasan Setiabudi Kota Bandung, namun tetap diabaikan.

"Pengemudi sadar bahwa kendaraannya itu tidak layak jalan. Saat di Setiabudi, restoran tahu bahwa kondisi rem sebelah kiri belakang itu bocor," katanya.

Bahkan, yang bersangkutan berinisiatif menambal rem yang bocor. "Terus diakal - akal, ditutup - tutup supaya tidak bocor lagi. Kalau dalam kondisi jalan rata, OK karena tidak ada beban, tapi kalau turunan nahan tiga kali berat," katanya.