Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 20 Agustus 2018

PILWALKOT CIREBON 2018: Tiap Calon Dikawal 8 Polisi

Maman Abdurahman Senin, 12/02/2018 19:50 WIB
PILWALKOT CIREBON 2018: Tiap Calon Dikawal 8 Polisi
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, CIREBON—Polres Cirebon Kota pada Senin 12 Februari 2018 telah menyerahkan petugas kepolisian yang ditugaskan khusus mengawal para calon wali kota beserta kepala lembaga terkait seperti ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu).

Jumlah personil yang diturunkan menjadi pengawal pribadi (Walpri) sebanyak 21 orang yang terdiri dari 1 personil perwira sebagai penanggungjawab dan 20 lainnya bertugas mengawal calon wali kota, ketua KPU, dan ketua Panwaslu.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Adi Vivid mengatakan tiap calon akan dikawal 8 petugas bersenjata, sedangkan Ketua KPU Kota Cirebon dikawal 2 petugas, dan Ketua Panwaslu Kota Cirebon juga dikawal 2 petugas.

“Anggota yang ditugaskan menjadi Walpri telah mendapatkan pelatihan selama 3 hari dari Polda,” katanya usai penetapan calon Wali Kota Cirebon periode 2018-2023.

Adi mengungkapkan anggota yang menjadi Walpri mendapat pelatihan menembak, standar pengamanan VVIP, dan diberikan wawasan tentang netralitas selama menjalankan tugas.

“Contoh kecil, jika calon membawa tas berisi brosur kampanye, maka Walpri tidak boleh memegang tas tersebut,” ujarnya.

Adi menambahkan untuk menjaga netralitas anggota kepolisian yang diterjunkan menjadi Walpri, seragam yang akan digunakan juga telah disiapkan Polres Cirebon Kota berupa 2 jenis seragam yaitu 2 pakaian teknikal dan 2 pakaian safari.

“Walpri tidak boleh menerima seragam dari calon agar netralitas tetap terjaga dan tidak terjadi kesenjangan antar Walpri,” tambahnya. (k3)