Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 17 November 2018

Ratusan Rumah Terendam Banjir, Brimob Polda Jabar Terjunkan Tim SAR

Maman Abdurahman Senin, 12/02/2018 15:23 WIB
Ratusan Rumah Terendam Banjir, Brimob Polda Jabar Terjunkan Tim SAR
Tim SAR Brimob Polda Jabar

Bisnis.com, CIREBON—Brimob Detasemen C Pelopor Polda Jawa Barat menurunkan 1 unit Tim Search And Resque (SAR) untuk membantu proses evakuasi korban banjir di Desa Jagapura Bhakti Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon, Senin 12 Februari 2018.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, sekidikitnya 500 rumah, 1 mushola dan 2 sekolah di Desa Jagapura Bhakti tergenang banjir, Tim SAR Brimob Polda Jabar bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon dan unsur SAR lainnya melakukan evakuasi 1.812 warga yang rumahnya terendam banjir.

Tim SAR Brimob Polda Jabar dipimpin IPDA Kandeng yang melakukan evakuasi warga agar mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Sementara itu, salah satu warga Desa Jagapura Bhakti, Bayu Firmansyah mengatakan salah satu alasan kebanyakan warga belum mengungsi karena banjir terjadi sejak tadi malam, dan mereka tidak menyangka jika hujan terus mengguyur hingga keesokan harinya.

“Selain karena faktor hujan yang cukup lama mengguyur, banjir juga diperparah karena ada air dari luapan sungai,” katanya.

Akibat banjir ini sebagian warga mengungsi di masjid, sekolah dan sarana umum lainnya yang tidak tergenang banjir, sedangkan warga lainnya mengungsi di rumah saudaranya yang terdekat. (k3)