Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 20 Agustus 2018

10 Manfaat Kesehatan Biji Labu Yang Jarang Diketahui

Ilham Budhiman Sabtu, 10/02/2018 06:26 WIB
10 Manfaat Kesehatan Biji Labu yang Jarang Diketahui
Ilustrasi
Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Biji labu adalah pilihan makanan ringan yang selalu bisa Anda cari. Penuh dengan nutrisi berharga, makan biji labu juga bisa memberi sejumlah manfaat kesehatan karena terdapat besar seng, magnesium, tembaga, protein dan lemak sehat.

Biji labu juga merupakan sumber vitamin B dan B yang baik. Biji labu memiliki lemak sehat yang merupakan asam lemak esensial yang membantu dalam menjaga kesehatan pembuluh darah dan menurunkan kolesterol tidak sehat dalam darah.

Biji labu mengandung serat yang akan mengisi perut Anda untuk jangka waktu yang lebih lama. Cara mengonsumsi biji labu sangat mudah, Anda bisa menambahkan biji labu ke dalam salad atau secara mentah seperti camilan.

Dan berikut manfaat biji labu yang jarang diketahui seperti dilansir Boldsky:

1. Baik untuk jantung

Biji labu kaya akan lemak sehat, serat dan berbagai antioksidan yang baik untuk jantung. Mengandung asam lemak monounsaturated yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

2. Membuat Tidur nyenyak

Biji labu mengandung serotonin dan triptofan. Tryptophan selanjutnya akan diubah menjadi serotonin di dalam tubuh yang membantu Anda dalam mendapatkan tidur yang nyenyak.

3. Meredakan nyeri

Biji labu terdiri dari khasiat anti-inflamasi dan diketahui bisa mengurangi rasa sakit artritis. Jika Anda sakit di persendian, konsumsi biji labu atau bisa menggunakan minyak biji labu, yang juga bisa mengobati rasa sakit pada persendian.

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Biji labu mengandung sejumlah besar phytochemicals dan antioksidan yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit. Mereka juga dapat mengurangi kemungkinan infeksi virus yang dapat menyebabkan flu, dan lainnya.

5. Menurunkan berat badan

Badan Biji labu merupakan salah satu makanan ringan terbaik untuk menurunkan berat badan. Itu karena bijinya padat dan berat sehingga akan membuat Anda kenyang untuk durasi yang lebih lama.

Biji labu juga tinggi seratnya, yang tubuh butuh waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga membatasi keinginan Anda untuk makan.

6. Mengurangi risiko kanker

Mengonsumsi biji labu bisa mengurangi risiko kanker payudara, kanker paru-paru, kanker perut, kanker prostat dan kanker usus besar. Wanita pasca menopause memiliki risiko kanker payudara lebih tinggi dan mengonsumsi biji labu akan mengurangi risiko kankernya.

7. Meningkatkan Kesehatan Kandung Kemih

Biji labu membantu dalam mengurangi gejala gangguan kelenjar prostat yaitu Benign Prostatic Hyperplasia (BPH). Sebuah penelitian mencatat bahwa makan biji labu dapat membantu mengobati gejala kandung kemih yang terlalu aktif juga.

8. Turunkan diabetes

Biji labu diketahui menurunkan gula darah dan sangat baik untuk penderita diabetes. Orang yang menderita diabetes tipe 2 dapat mengonsumsi biji labu, karena ini menunjukkan efek positif pada.

Biji labu memperbaiki regulasi insulin pada pasien diabetes dan menurunkan stres oksidatif.

9. Mengendalikan tekanan darah

Biji labu adalah sumber magnesium terbaik. Magnesium adalah mineral yang sangat penting, yang melakukan berbagai reaksi kimia dalam tubuh. Ini membantu dalam mengendalikan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, menjaga kesehatan tulang dan mengatur kadar gula darah.

10. Membantu pertumbuhan rambut

Biji labu mengandung asam amino yang bertanggung jawab atas pertumbuhan rambut. Juga mengandung vitamin C, yang berperan sangat efektif dalam pertumbuhan rambut.