Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 22 November 2018

Hari Pers Nasional 2018: Ini Pesan Ridwan Kamil

Ilham Budhiman Jum'at, 09/02/2018 15:45 WIB
Hari Pers Nasional 2018: Ini Pesan Ridwan Kamil
Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memberi pesan kepada seluruh insan pers seiring dengan diperingatinya Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada Jum'at (9/2) ini.

Menurut Ridwan Kamil, di zaman digital seperti ini para insan pers harus bekerja keras lantaran perkembangan zaman yang sudah semakin canggih.

"Pers harus kerja keras. Kenapa? Karena pembuat berita sekarang tak hanya pers yang bersifat perusahaan. Semua orang bisa menjadi citizen journalist, semuanya bisa memposting. Medianya banyak, murah meriah dan gratis," katanya di Pendopo Kota Bandung, Jum'at (9/2).

Di samping itu, pria yang kerap disapa Emil mengingatkan agar media massa bisa menjadi sumber referensi yang terpercaya untuk masyarakat. Hal ini tentu saja untuk memberi rasa kepercayaan masyarakat terhadap pers.

"Jadi kalau kita tidak bisa menjadi sumber referensi utama kita akan kalah oleh cara-cara masyakarakat mencari informasi. Maka, problem hari ini bukan mencari informasi tetapi memilah. Kalau memilah kan berarti informasinya banyak. Yang dia pilih yang kredibel, terpercaya dan cepat," katanya.

Emil kemudian menyinggung soal kecepatan informasi yang disajikan media massa. Menurutnya, faktor kecepatan menjadi hal yang sangat penting lantaran adanya pergeseran pola perilaku masyarakat dalam mengonsumsi sebuah berita.

"Faktor kecepatan menjadi penting karena makin lama orang makin baca via digital, sehingga kecepatan dalam memberitakan dalam sebuah pemberitaan harus menjadi tantangan di perusahaan pers nasional," ucapnya.

Meski faktor tersebut dinilai penting, namun tetap saja berita yang disajikan harus memiliki bobot yang berkualitas. Setidaknya ada tiga hal penting yang diutarakan Emil antara lain mendidik menginformasikan, menghibur dan seimbang.