Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 18 November 2018

PILGUB JABAR 2018: Kompetisi Hanya Milik RINDU Dan 2 DM

Wisnu Wage Jum'at, 09/02/2018 08:58 WIB
PILGUB JABAR 2018: Kompetisi Hanya Milik RINDU dan 2 DM

Bisnis.com,BANDUNG---Pertarungan Pilgub Jabar 2018 diprediksi hanya akan melahirkan kompetisi antara Pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Social Analyst Indonesia Institute (Instrat) Adi Nugroho mengatakan kompetisi ketat akan terjadi pada dua kandidat tersebut meski Pilgub Jabar 2018 juga diikuti pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu dan Hasanudin-Anton Carliyan.

”Dari hasil survey dapat dilihat bahwa akan terjadi kompetisi sangat ketat dua pasangan ini,” katanya di Bandung, Kamis (8/2/2018).

Berdasarkan hasil survei pasangan Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi (2DM) popularitasnya paling tinggi yakni, mencapai 90,4 %. Berikutnya, disusul oleh pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum sebesar 84,7 %."Sementara kedua pasangan lainnya, harus bekerja keras menaikkan popularitas karena hanya dikenal publik kisaran belasan %," tuturnya.

Pihaknya merilis untuk hasil survei popularitas perorangan, calon yang paling populer adalah Deddy Mizwar sebesar 93 %. Kemudian, diikuti Ridwan Kamil 88 % dan Dedi Mulyadi 68 %.  Pihaknya melihat terdapat kecenderungan kenaikan popularitas pada Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi dalam rentang dua bulan terakhir ini.

"Namun, Dedi Mulyadi masih punya kesempatan untuk menaikan level popularitasnya dibandingkan Ridwan Kamil. Karena popularitasnya bisa terdongkrak sebagai pasangan Deddy Mizwar," katanya.

Sementara untuk potensi elektabilitas hasilnya adalah pasangan Sudrajat-Syaikhu sebesar 2,1 %, TB Hasanuddin-Anton Charliyan sebesar 1,9 %, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi sebesar 24,1 %, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum 25,6 % dan Golput 1,1 %. "Dari hasil survei, ada 45,2 % yang belum menentukan pilihan/tidak menjawab/tidak tahu," katanya.