Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 20 Agustus 2018

Baru Dilantik, Komisi Informasi Kota Cirebon Tangani Belasan Sengketa

Maman Abdurahman Jum'at, 09/02/2018 19:47 WIB
Baru Dilantik, Komisi Informasi Kota Cirebon Tangani Belasan Sengketa
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, CIREBON— Komisi Informasi Kota Cirebon akan menangani belasan sengketan yang berkaitan dengan permintaan informasi publik yang hingga saat ini jumlahnya telah mencapai belasan sengketa.

Pada Jumat 09 Februari 2018, Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis melantik Toto Suharto sebagai Anggota Komisi Informasi menggantikan (Pengganti Antar Waktu/PAW) Mohamad Beny Isnaeni yang mengundurkan diri beberapa waktu lalu.

Azis mengatakan dengan pelantikan anggota Komisi Informasi diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan akses informasi khususnya ke lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cirebon.

“Harapannya pelayanan pemberian informasi kepada masyarakat bisa lebih baik lagi dengan adanya KI,” katanya.

Pada saat yang sama, Toto mengungkapkan untuk pemberian informasi akan dibedakan dalam beberapa jenis, yang pertama informasi umum yang bisa diakses oleh masyarakat dan kedua informasi khusus seperti informasi yang berkaitan dengan rahasia negara.

“Tahun lalu sudah ada 13 sengketa dan awal tahun 2018 juga sudah ada beberapa sengketa yang harus diselesaikan,” ujarnya.

Sebagai informasi, Komisi Informasi di Kota Cirebon dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang isinya menetapkan standar layanan informasi serta penyelesaian sengketa informasi. (k3)