Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 22 Mei 2018

Harga Beras Di Kota Cirebon Masih Tinggi, Beberapa Konsumen Tak Jadi Beli

Maman Abdurahman Jum'at, 09/02/2018 13:47 WIB
Harga Beras di Kota Cirebon Masih Tinggi, Beberapa Konsumen Tak Jadi Beli
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, CIREBON— Gara-gara harga beras di Kota Cirebon Jawa Barat masih tinggi, beberapa konsumen pedagang beras di Pasar Pagi Kota Cirebon tak jadi beli.

Hingga Jumat, 9 Februari 2018 harga beras kualitas medium masih di kisaran Rp296.000/karung. Harga beras kualitas premium di Pasar Pagi Kota Cirebon berada di kisaran Rp300.000-Rp310.000/karung yang berisi 25 kg tiap karungnya.

Jefri salah satu pedagang beras di Pasar Pagi Kota Cirebon mengatakan sebelumnya harga beras mulai beranjak turun akan tetapi sejak 3 hari terakhir harganya mulai merangkak naik karena dipengaruhi cuaca.

Dia menuturkan saat cuaca hujan petani kesulitan menjemur pagi sehingga mereka memakai alat bantu berupa oven sebagai pengganti sinar matahari.

“Harga beras naik kami tetap dapat untung, tapi kasihan konsumen yang kurang mampu, mereka tak jadi beli karena uangnya kurang,” katanya.

Jefri yang sudah 17 tahun berjualan beras di Pasar Pagi mengungkapkan meski sebagian konsumen tak jadi beli akan tetapi tingkat penjualannya terus mengalami kenaikan selama harga beras naik.

“Penjualan beras bagus bahkan naik sekitar 40%, artinya kenaikan harga tak berpengaruh terhadap daya beli,” ujarnya.

Agar harga beras stabil kata Jefri harus ada langkah nyata dari Pemerintah ataupun Pemerintah Daerah untuk menghentikan alih fungsi lahan pertanian menjadi area industri dan perumahan.

“Impor beras tak cukup mampu menekan harga beras, jadi yang perlu ditambah adalah stok beras lokal,” tambahnya. (k3)

Apps Bisnis.com available on: