Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 28 Mei 2018

Pengalihan Arus Lalu Lintas, Akan Ada Mix Traffic Di Jonggol

Wisnu Wage Kamis, 08/02/2018 13:58 WIB
Pengalihan Arus Lalu Lintas, Akan Ada Mix Traffic di Jonggol
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com,BANDUNG--Penutupan Jalur Puncak selama 10 hari diprediksi mengakibatkan kemacetan di ruas alternatif.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan dampak dari bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor membuat Dirjen Hubungan Darat Kementerian Perhubungan memutuskan menutup jalur wisata tersebut selama 10 hari. 

“Nanti Kepmenhub dalam waktu dekat akan keluar, sekarang selama 10 hari ini akan ditutup,” katanya pada bisnis, Kamis (8/2/2018).

Penutupan ini menurutnya berlaku untuk arus kendaraan pribadi roda empat dan angkutan barang dari dan menuju ke arah Jakarta dan Cianjur mengingat proses evakuasi dan perbaikan di jalur tersebut tuntas. “Ada proses perbaikan di enam titik, jalur ini juga masuk status siaga dan rawan, karena di saat bersamaan tengah dilakukan pengupasan bukit,” tuturnya.

Selain jalur puncak, imbas dari bencana longsor juga terjadi pada berhentinya layanan kereta api Bogor-Sukabumi sebanyak 6 kali perjalanan. 

Menurutnya longsor di lokasi rel kereta di Kampung Maseng, Bogor menuntut perbaikan sepanjang 3-4 hari kedepan. “Sekarang di sana kita utamakan evakuasi korban yang masih tertimbun, dijanjikan selesai oleh Satuan Kerja Kereta Api 3 hari,” paparnya.

Dampaknya arus barang dan orang dialihkan ke jalur Ciawi, Sukabumi dan Jonggol, Cianjur. Dedi mengaku pengalihan ini membuat waktu tempuh dan juga beban kendaraan di ruas tersebut menjadi lebih kompleks. “Jalur kereta harus segera diperbaiki karena keberminatan warga ke kereta ini tinggi,” katanya.

Kondisi pengalihan arus menurutnya makin diperparah dengan strategi pengalihan arus lalu lintas dari Tol Jakarta-Cikampek ke wilayah Jonggol paska dimulainya pekerjaan konstruksi. Meski belum ada penumpukan kendaraan, Dedi menilai kemacetan parah menghadang setiap akhir pekan. “Dipastikan ada mix traffic di sana,” ujarnya.

Karena itu pihaknya meminta agar angkutan barang yang dialihkan dari Tol Jakarta-Cikampek mengambil ruas jalan nasional di Pantai Utara bukan ke wilayah Jonggol-Cibarusah-Cikarang. 

Apps Bisnis.com available on: