Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 27 Mei 2018

PROGRAM SMART CITY: Pemkot Cirebon Resmikan Perpustakaan Digital

Maman Abdurahman Kamis, 08/02/2018 20:15 WIB
PROGRAM SMART CITY: Pemkot Cirebon Resmikan Perpustakaan Digital
Ilustrasi
Reuters

Bisnis.com, CIREBON—Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon Jawa Barat meresmikan perpustakaan digital pada Kamis (08/02/2018) sebagai rangkaian peluncuran program Cirebon Smart City.

Selain peresmian perpustakaan digital yang aplikasinya diberi nama iCirebon, Pemda Kota Cirebon juga meresmikan e-Presensi siswa atau absen kehadiran siswa secara elektronik dan meresmikan free wifi corner dan free hotspot di area publik.

Ketua Tim Pelaksana Cirebon Smart City, Iing Daiman mengatakan perpustakaan digital merupakan aplikasi yang bisa diakses oleh semua orang melalui bantuan aplikasi yang bisa diunduh di playstore.

Dia menuturkan adapun program e-Presensi merupakan absen menggunakan sidik jari siswa yang pemberitahuan kehadiran dan kepulangan dari sekolahnya diberitahukan kepada orang tua masing-masing lewat pesan singkat (SMS).

“Biaya e-Presensi hanya Rp6.000/bulan melalui pemotongan pulsa dari orang tua/wali siswa,” katanya.

Iing mengungkapkan keikutsertaan orang tua dalam program e-Presensi sifatnya tidak wajib, karena kedua aplikasi yang baru diluncurkan ini merupakan hasil kerjasama Pemda Kota Cirebon dan Indosat Ooredoo.

“Program internet gratis sudah dibangun di 4 titik misalnya di Balai Kota Cirebon, Alun-alun Kejaksan, Gedung Kesenian Rara Santang dan Kelurahan Kalijaga,” ujarnya. (k3)

Apps Bisnis.com available on: